Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 BUMN Buka Program Magang Selama 3 Bulan, Ini Syaratnya

Ketujuh perusahaan itu yaitu PT Perkebunan Nusantara, PT Telkom Indonesia, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Pertamina, PT Bio Farma, Mining Indonesia (Mind ID), dan PT Bank Tabungan Negara (BTN).

Dikutip dari situs resmi Indonesia Global Talent Internship (igti.fhicibumn.com), program tersebut merupakan program yang memberikan kesempatan bagi para pelajar Indonesia dengan pendidikan S2 dan S3 di luar negeri untuk magang kerja di BUMN.

"Program ini menjadi program kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI)," tulis situs tersebut, dikutip Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Pengumuman magang di BUMN ini juga diunggah di media sosial Instagram resmi Kementerian BUMN yaitu @kementerianbumn. Adapun persyaratan magang di 7 perusahaan BUMN melalui IGTI sebagai berikut:

1. Mahasiswa aktif atau lulusan S2/S3 di mancanegara yang belum bekerja dibuktikan dengan menyertakan scan kartu mahasiswa atau surat rekomendasi PPI negara/kawasan.

2. Sehat jasmani maupun rohani.

3. Melaksanakan interview dan program mentoring.

4. Mengisi formulir surat komitmen dan pakta integritas (diunduh didata pendukung ketika mendaftar online).

5. Membuat motivation letter.

6. Memenuhi berkas yang meliputi formulir pendaftaran, CV, dan ijazah/transkip nilai.

7. Bersedia melaksanakan kegiatan program intership atau magang selama 3 bulan.

Pendaftaran magang tersebut dapat dilakukan secara daring melalui https://igti.fhcibumn.com/. Perlu diingat, program magang di 7 BUMN ini mulai dibuka pada 9-19 Desember 2021. Pihak penyelenggara program magang BUMN memastikan bahwa program ini tidak memungut biaya kepada calon peserta magang.

"Tidak ada biaya pendaftaran maupun biaya keikutsertaan dalam bentuk apapun. Acara ini bisa diikuti oleh siapa saja dan gratis," tulis situs IGTI.

Selain itu, calon peserta hanya diperbolehkan memilih satu perusahaan untuk menjalani masa magang. Setiap peserta diharapkan mendaftar satu kali saja selama periode pendaftaran dibuka.

Calon pendaftar magang BUMN yang berada di luar kota atau di luar negeri tetap bisa mengikuti program tersebut secara online.

"Program magang akan dilakukan secara daring sehingga peserta bisa melakukan kegiatan internship dari mana pun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan," tulis situs IGTI.

https://money.kompas.com/read/2021/12/11/190000526/7-bumn-buka-program-magang-selama-3-bulan-ini-syaratnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke