Salin Artikel

Habis Resign atau di-PHK? Ini Cara Pindah BPJS Kesehatan ke Mandiri

KOMPAS.com - Fasilitas asuransi BPJS Kesehatan biasanya menjadi tunjangan wajib karyawan di perusahaan. Namun seketika akan diberhentikan saat karyawan resign dari perusahaan. Lalu bagaimana cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online?

Pasalnya, status kepesertaan BPJS tersebut harus dialihkan ke peserta mandiri karena sudah tidak lagi iurannya dibayar perusahaan. Namun meski telah resign kerja, pastikan status kepesertaan BPJS Kesehatan tetap aktif.

Sebab, perlindungan risiko kesehatan ini dibutuhkan untuk berobat di sejumlah fasilitas kesehatan. Apalagi BPJS Kesehatan merupakan program wajib dari pemerintah.

Agar BPJS tetap aktif, peserta perlu mengalihkan kepesertaan dari Peserta Penerima Upah (PPU) menjadi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Bukan Pekerja (BP) alias peserta mandiri.

Peserta dapat mengurus kepindahan atau mengubah kepesertaan BPJS Kesehatan pasca resign kerja secara online dan offline. Lalu bagaimana cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri?

Pindah BPJS perusahaan ke mandiri offline

Peserta bisa melakukan cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Namun ada beberapa dokumen yang harus dibawa saat pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara offline.

Mengutip dari Tribunnews, adapun syarat cara pindah BPJS kesehatan dari perusahaan ke mandiri secara offline sebagai berikut:

Cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri offline:

Cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online

Jika malas atau tidak sempat ke kantor BPJS Kesehatan, peserta juga bisa melakukan cara pindah BPJS kesehatan dari perusahaan ke mandiri secara online melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduk di Playstore maupun Appstore ponsel masing-masing.

Berikut cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online via Mobile JKN:

  • Buka aplikasi Mobile JKN.
  • Klik menu Ubah Data Peserta.
  • Di bagian segmen peserta, klik tanda panah >.
  • Ubah data dari Pegawai Swasta (Segmen Peserta Saat Ini) menjadi Pekerja Mandiri (Segmen Peserta Tujuan) – Pengalihan segmen peserta harus dalam kondisi non-aktif atau non-aktif akhir bulan.
  • Klik Selanjutnya.
  • Ikuti langkah berikutnya sampai selesai, termasuk petunjuk untuk melakukan pembayaran iuran pertama peserta mandiri.
  • Status kepesertaan akan berubah dan aktif lagi.

Pindah BPJS perusahaan ke mandiri via WhatsApp

Cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri sekarang ini juga bisa lewat layanan PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp). Namun perlu diingat, setiap kantor cabang BPJS Kesehatan memiliki nomor WA berbeda.

Berikut cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online via WhatsApp:

  • Cari nomor WhatsApp PANAWA sesuai domisili BPJS Kesehatan di Google
  • Kirim pesan ke nomor WA PANDAWA sesuai domisili.
  • Ketik pesan “Halo/Selamat Pagi/Siang.
  • Nanti admin PANDAWA akan membalas pesan.
  • Ikuti setiap petunjuk atau arahan yang diberikan hingga selesai.
  • Layanan PANDAWA beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 waktu setempat.

Itulah instruksi lengkap cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online dan offline. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi Customer Service BPJS Kesehatan di nomor 1500400.

https://money.kompas.com/read/2021/12/11/220155426/habis-resign-atau-di-phk-ini-cara-pindah-bpjs-kesehatan-ke-mandiri

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.