Salin Artikel

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan di HP, Bisa Lewat WA dan FB

Cek tagihan BPJS online 2021 bisa dilakukan melalui aplikasi cek BPJS Kesehatan. Apa nama aplikasi untuk BPJS Kesehatan? Aplikasi tersebut adalah Mobile JKN.

Selain itu, cek tagihan BPJS melalui WA alias Whatsapp Messenger. Kemudian cara mengecek tagihan BPJS di HP juga bisa lewat Facebook Messenger BPJS Kesehatan, atau melalui Telegram.

Meski demikian, masih banyak pembaca yang menanyakan bagaimana cara cek tunggakan BPJS? Bagaimana cara cek BPJS sudah bayar apa belum? Bagaimana cara cek kapan terakhir bayar BPJS?

Oleh karenanya, artikel ini akan membantu pembaca menjawab sederet pertanyaan tersebut, termasuk mengenai cara cek tagihan BPJS melalui SMS.

Cek tagihan BPJS Kesehatan via WA

Cara cek tagihan BPJS melalui WA sangat mudah. Kini BPJS Kesehatan telah memiliki layanan yang diberi nama Chika yang disediakan bagi para peserta yang membutuhkan pelayanan informasi.

“Melalui Chika, Sahabat bisa mendapatkan informasi terkait status kepesertaan dan tagihan iuran peserta, skrining kesehatan, tutorial Mobile JKN, Panduan Layanan, Layanan Pandawa, alamat fasilitas kesehatan dan kantor cabang BPJS Kesehatan,” tulis akun Instagram BPJS Kesehatan, dikutip pada Senin (13/12/2021).

Cek tagihan BPJS online 2021 melalui Chika salah satunya adalah menggunakan aplikasi WA. Cara mengecek tagihan BPJS di HP lewat layanan Chika bisa dilakukan melalui Chatting Whatsapp ke nomor 08118750400.

Berikut cara cek iuran BPJS Kesehatan lewat WA:

  1. Kirim pesan apa pun ke nomor Layanan Chika di 08118750400
  2. Pesan akan direspon secara otomatis oleh akun Chika
  3. Balas dengan ketik angka "2" atau menu Cek Tagihan Iuran
  4. Balas dengan mengetikkan nomor peserta BPJS Kesehatan atau Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  5. Balas dengan mengetikkan tanggal lahir dengan format yyyy-mm-dd (tahun - bulan - tanggal lahir)
  6. Akun Whatsapp Chika akan membalas dengan menampilkan tagihan iuran BPJS Kesehatan beserta status pembayarannya

Cek tagihan BPJS melalui SMS

Adapun cara cek tagihan BPJS melalui SMS bisa dilakukan apabila tidak ada jaringan internet. Caranya, ketikan NIK (spasi) NIK, lalu kirim ke layanan SMS center 08777 5500 400.

Cara lainnya, ketik NOKA (spasi) nomor kartu BPJS Kesehatan, lalu kirim ke 08777 5500 400. Sistem nantinya akan mengirimkan informasi tagihan ke ponsel.

Cek tagihan BPJS Kesehatan di FB dan Telegram

Cek tagihan BPJS online 2021 juga bisa dilakukan lewat aplikasi Facebook dan Telegram. Cara cek iuran BPJS kesehatan lewat FB bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan pada Facebook Messenger BPJS Kesehatan.

Sedangkan cara mengecek tagihan BPJS di HP lewat Telegram, bisa langsung masuk ke link Telegram BPJS Kesehatan berikut: http://t.me/Chika_BPJSKesehatan_bot.

Cek tagihan di aplikasi Mobile JKN

Cek tagihan BPJS online 2021 bisa dilakukan melalui aplikasi cek BPJS Kesehatan. Artinya, peserta bisa melakukan cek tagihan BPJS Kesehatan online dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Mobile JKN merupakan aplikasi yang dibuat BPJS Kesehatan untuk memudahkan pelayanan bagi para peserta Jaminan Kesehatan Sosial (JKN)-KIS.

Aplikasi ini berisi pelayanan yang cukup lengkap. Mulai dari informati seputar pelayanan JKN, lalu fitur untuk mengubah data peserta dan mengecek iuran setiap bulannya.

Untuk pengecekan di aplikasi Mobile JKN, pilih menu premi. Sistem lalu akan menampilkan jumlah tagihan premi. Informasi premi tersebut hanya untuk peserta non-penerima upah.

Itulah informasi terkait cara mengecek tagihan BPJS di HP, termasuk cek tagihan BPJS melalui WA dan aplikasi cek BPJS Kesehatan.

https://money.kompas.com/read/2021/12/13/112111126/cara-mengecek-tagihan-bpjs-kesehatan-di-hp-bisa-lewat-wa-dan-fb

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.