Salin Artikel

Menko Airlangga: Berbagai Indikator Utama Ekonomi Menunjukkan Tren Positif

Hal itu disampaikan oleh Airlangga Hartarto saat menyampaikan Keynote Address dalam US-Indonesia Investment Summit 2021 secara virtual, Senin (13/12/2021).

“Berbagai indikator utama ekonomi menunjukkan tren positif. Indeks kepercayaan konsumen pada bulan Oktober 2021 mencapai 118,5 yang mengindikasikan pulihnya kepercayaan dari sisi permintaan," ujarnya seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Jakarta, Senin.

"PMI Manufaktur mencapai 53,9, turut menunjukkan perbaikan di sisi penawaran,” sambun Airlangga.

Selain itu, Airlangga juga menyebut posisi cadangan devisa dan neraca perdagangan Indonesia relatif meningkat sejak tahun 2019. Sedangkan Indeks Harga Saham Gabungan dan nilai tukar memiliki tren yang fluktuatif namun masih menunjukkan perbaikan.

Tak hanya itu, pemerintah juga menyebut keberhasilan menekan kasus positif Covid-19 memberikan keleluasaan bagi mobilitas masyarakat. Di sisi lain, tabungan kelas menengah disebut mulai menurun sehingga diperkirakan konsumsi masyarakat akan naik.

Pemerintah yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2021 dapat mencapai hingga lebih dari 5 persen. Adapun pada 2022, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mencapai 5,2 persen.

Pemerintah juga menyebut ekonomi digital di Indonesia terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2020, sebanyak 41,9 persen dari total transaksi ekonomi digital ASEAN berasal dari Indonesia yang disumbangkan oleh sektor e-commerce.

Total transaksi ekonomi digital Indonesia telah mencapai 44 miliar dollar AS pada tahun 2020 dan diprediksi akan meningkat hingga 124 miliar dollar AS pada tahun 2025.

Transaksi e-commerce, digital banking, dan uang elektronik diprediksi terus meningkat pada tahun ini. Peningkatan terbesar terjadi pada transaksi e-commerce, yakni sebesar 48,4 persen secara pada 2021. Uang elektronik dan perbankan digital diproyeksikan meningkat masing-masing sebesar 35,7 persen dan 30,1 persen pada 2021.

“Peningkatan transaksi digital ini memiliki peran krusial dan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19,” jelas Menko Airlangga.

https://money.kompas.com/read/2021/12/13/165152126/menko-airlangga-berbagai-indikator-utama-ekonomi-menunjukkan-tren-positif

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.