Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Kedai Kreatif Susu Kental Manis", Bukti Dukungan Frisian FLag untuk Ratusan UMKM

KOMPAS.com – PT Frisian Flag Indonesia (FFI) meluncurkan program "Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag ®: Bersama Majukan UMKM Indonesia" secara daring, Rabu (1/12/2021).

Melalui program ini, FFI memfasilitasi pelaku UMKM membangun bisnis di bidang makanan dan minuman dengan memanfaatkan produk-produk Susu Kental Manis Frisian Flag®.

Total ada 400 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang akan mendapat dukungan pendampingan dan pengembangan senilai Rp 580 juta dari FFI.

Corporate Affairs Director FFI Andrew F Saputro mengatakan, pihaknya mendukung penuh pengembangan potensi UMKM  di Indonesia, terutama di bidang makanan dan minuman.

Andrew mengatakan, pandemi Covid-19 menciptakan tantangan yang luar biasa terhadap dunia kerja dan usaha. Tantangan ini turut dirasakan para pelaku UMKM di Indonesia.

“Kami ingin membantu UMKM agar tetap optimistis, bertumbuh, dan berkembang di tengah situasi saat ini melalui produk Susu Kental Manis FRISIAN FLAG® dan kerja sama dengan komunitas,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Kedai Kreatif, kata Andrew, diharapkan  menjadi tempat berbagi ide kreatif dan menggali peluang usaha di bidang makanan dan minuman bersama komunitas dan para pelaku bisnis kuliner yang telah berpengalaman.

“Tidak hanya kreatif menciptakan produk dan memanfaatkan peluang usaha, kami juga ingin membangun kesadaran tentang pentingnya keamanan pangan di antara pelaku UMKM. Ini sejalan dengan visi perusahaan untuk membangun Indonesia yang sehat, sejahtera, dan selaras,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Ema Setyawati mengapresiasi FFI atas upayanya meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM di Indonesia, khususnya UMKM di bidang pangan.

“Kami berharap agar kerja sama antara pemerintah dan pelaku usaha dapat terus berkelanjutan untuk kemajuan UMKM pangan,” katanya mewakili Deputi III Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan POM Rita Endang.

Erna melanjutkan, BPOM juga mengapresiasi FFI sebagai salah satu industri pangan yang berperan serta aktif dalam program Orang Tua Angkat Badan POM.

Dia berharap, program “Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag, Bersama Majukan UMKM Indonesia” dapat mendukung peningkatan daya saing UMKM pangan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM pangan.

“Semoga acara ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi UMKM pangan di Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia,” ujar Ema.

Seperti diketahui, UMKM adalah penggerak roda ekonomi di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 yang menyebutkan bahwa ada 65,5 juta pelaku UMKM di Indonesia.

Kemudian, data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM)  pada 2021 menyebutkan, UMKM berkontribusi sebesar 60,51 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2020 atau senilai Rp 9.580 triliun.

Selain itu, sektor UMKM juga berhasil menyerap 119,6 juta tenaga kerja atau 96,92 persen dari total tenaga kerja Indonesia, dan menghimpun hingga 60,42 persen dari total investasi.

Peningkatan kualitas UMKM

BPOM memprakarsai Program Orang Tua Angkat UMK Pangan Olahan dan mengundang partisipasi aktif pelaku industri untuk membantu meningkatkan kualitas pelaku UMKM.

Dukungan yang diberikan oleh orangtua angkat berupa pendampingan serta  peningkatan kapasitas bagi UMK yang menjadi anak angkat.

FFI adalah salah satu mitra yang dipilih Badan POM menjadi orangtua angkat dalam program ini.

Untuk itu, program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG®: Bersama Majukan UMKM Indonesia pun menjadi langkah pertama dari FFI.

FFI juga akan bekerja sama dengan komunitas Ibu Profesional untuk memberikan edukasi serta peningkatan kapasitas usaha kepada pelaku UMKM di wilayah Jabodetabek dan Provinsi Jawa Barat.

Founder Komunitas Ibu Profesional Septi Peni Wulandani mengatakan, pihaknya sangat antusias berpartisipasi dalam program Kedai Kreatif dan bekerja sama dengan FFI membangkitkan semangat UMKM yang dimotori perempuan.

“Program ini sejalan dengan komitmen Ibu Profesional dalam memberdayakan para ibu untuk menjadi agen perubahan, keberadaannya bermanfaat  baik untuk diri sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitar,” katanya di acara peluncuran siang itu.

Untuk diketahui, Kemenkop dan UKM mencatat, perempuan berperan besar sebagai penggerak UMKM. Rinciannya adalah 52,9 persen pada usaha mikro, 50,6 persen pada usaha kecil, dan 34 persen pada usaha menengah.

Wirausaha perempuan di Indonesia mencapai 21 persen, lebih baik dibandingkan rata-rata global yang mencapai 8 persen.

Makanan dan minuman adalah bidang usaha yang paling diminati pelaku UMKM perempuan selain kriya dan fesyen.

Bagi Anda yang tertarik akan program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG®: Bersama Majukan UMKM Indonesia, dapatkan informasi lebih banyak dengan mengunjungi Instagram @frisianflagid dan laman frisianflag.com.

https://money.kompas.com/read/2021/12/13/170000026/-kedai-kreatif-susu-kental-manis-bukti-dukungan-frisian-flag-untuk-ratusan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke