BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA
Salin Artikel

Manfaat Layanan Outward Remittance di Platform Internet Banking untuk Pengusaha

KOMPAS.com – Tidak bisa dimungkiri, perkembangan teknologi digital turut memberikan kemudahan bagi pengusaha sektor impor.

Hal itu pun dimanfaatkan pemerintah Indonesia untuk memulihkan ekonomi dalam negeri melalui sejumlah intervensi. Salah satunya dengan memberikan kemudahan bagi pebisnis ekspor dan impor melalui teknologi digital.

Upaya tersebut pun membuahkan hasil. Terbukti, neraca perdagangan Agustus 2021 yang tercatat surplus sebesar 4,74 miliar dollar Amerika Serikat (AS).

Capaian itu merupakan hasil kontribusi surplus neraca sektor nonminyak dan gas bumi (migas) sebesar 5,43 miliar dollar AS.

Kemudian, menilik neraca perdagangan pada periode Januari-Agustus 2021, negara mendapat surplus hingga total 19,17 miliar dollar AS.

Khusus sisi impor, melansir laman Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Jumat (17/9/2021), total impor pada Agustus 2021 tercatat menembus 16,68 miliar dollar AS. Angka ini tumbuh sebesar 10,35 persen secara month-to-month (mtm) dan 55,26 persen secara year-on-year (yoy).

Kenaikan itu didorong oleh impor migas yang meningkat hingga 115,75 persen (yoy) dan nonmigas yang tumbuh sekitar 49,39 persen (yoy).

Impor nonmigas sendiri didominasi oleh bahan baku, yakni sebanyak 75,61 persen. Hal ini menandakan bahwa sektor industri dalam negeri mulai bergeliat kembali dan bisa memberikan nilai tambah pada perekonomian.

Inovasi perbankan

Selain itu, beragam inovasi yang dihadirkan industri perbankan juga turut mendukung pemulihan ekonomi Indonesia. Salah satunya dengan kemudahan layanan outward remittance. Dengan layanan ini, pengusaha bisa mengirimkan pembayaran ke luar negeri dengan cepat dan mudah.

Contohnya, layanan outward remittance yang dihadirkan PT Bank Central Asia atau Bank BCA melalui platform internet banking KlikBCA Bisnis.

Dengan KlikBCA Bisnis, Anda sebagai nasabah bisnis bisa melakukan transfer 14 jenis mata uang atau valuta asing (valas) yang meliputi dollar Australia (AUD), dollar Kanada (CAD), franc Swiss (CHF), yuan China (CNY), krona Denmark (DKK), euro (EUR), pound sterling Inggris (GBP), dollar Hong Kong (HKD), yen Jepang (JPY), dollar Selandia Baru (NZD), riyal Saudi Arabia (SAR), krona Swedia (SEK), dollar Singapura (SGD), dan dollar Amerika Serikat (USD).

Melalui KlikBCA Bisnis, Anda bisa memanfaatkan fitur transfer Full Amount. Dengan fitur ini, valas yang Anda kirim akan diterima secara utuh.

Ada juga fitur Value Today, yakni kiriman valas yang dapat diterima di hari yang sama pada saat valas dikirimkan.

Selain itu, KlikBCA Bisnis juga dapat melayani transaksi Outward Remittance dengan sumber dana valas di atas 100.000 dollar AS. Anda hanya perlu mengisi surat pernyataan untuk menggunakan layanan ini.

Bagi Anda yang sudah memiliki KlikBCA Bisnis, fitur kiriman valas dapat diaktifkan dengan mengisi formulir KlikBCA Bisnis untuk segera diproses oleh kantor cabang Bank BCA.

Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi laman KlikBCA Bisnis atau hubungi Halo BCA (021) 15008888.

https://money.kompas.com/read/2021/12/15/192300426/manfaat-layanan-outward-remittance-di-platform-internet-banking-untuk

Terkini Lainnya

Bagikan artikel ini melalui
Oke