Salin Artikel

Danamas Gandeng eFishery untuk Hadirkan Fasilitas Pembiayaan di Sektor Perikanan

Terbaru, Danamas resmi menggandeng perusahaan teknologi yang bergerak di bidang akuakultur, eFishery untuk bekerja sama menghadirkan fasilitas pembiayaan di sektor perikanan.

Kerja sama disahkan dengan penandatangan surat perjanjian oleh kedua belah pihak yang dilakukan oleh CEO Danamas Joyce Andries Gibran Huzaifah selaku Co-founder dan CEO eFishery Gibran Huzaifah pada Senin (6/12/2021) secara virtual.

“Danamas tertarik untuk melakukan kerja sama dengan eFishery karena sesuai dengan visi misi kami, yaitu memajukan UMKM,” ujar Joyce dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Menurut Joyce, eFishery yang bersentuhan langsung dengan ekosistem UMKM, yaitu pembudidaya ikan dapat menyediakan sarana produksi perikanan, pelatihan, pengenalan teknologi serta memberikan akses kepada institusi keuangan.

Adapun bentuk kerja sama nantinya, Danamas, sebagai platform peer to peer lending yang telah terdaftar dan mendapatkan izin operasional sejak 2017 akan menjembatani para pemberi pinjaman (pemodal) agar dapat memberikan pinjaman modal usaha kepada pelaku budidaya yang terdaftar dalam ekosistem eFishery.

Dalam kolaborasi tersebut, Danamas akan mendukung fitur Kabayan—Kasih, Bayar Nanti—yang merupakan komponen utama dari layanan eFishery.

Alur kerja sama dimulai dari pembudidaya mitra eFishery yang mengajukan pinjaman untuk keperluan budidaya.

Kemudian, eFishery akan melakukan seleksi berdasarkan hasil credit scoring dan mengajukan aplikasi pengajuan pembiayaan ke Danamas.

“Fitur Kabayan merupakan komponen utama dari layanan eFisheryFund yang menghubungkan para pembudidaya secara langsung ke institusi keuangan, termasuk berbagai perusahaan financial technology (fintech),” ujar Gibran.

Sebagai informasi, Kabayan dapat dimanfaatkan oleh para pembudidaya untuk melakukan pembelian beragam keperluan budidaya seperti pakan ikan dengan sistem tenor.

“Saat ini, sudah lebih dari 5.000 pembudidaya yang mendapatkan akses terhadap pembiayaan dan merasakan dampak dari program ini,” tambah Gibran.

Dengan adanya kerja sama tersebut, Danamas dan eFishery akan berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi ribuan pembudidaya dalam meningkatkan usahanya,serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2021/12/16/070400326/danamas-gandeng-efishery-untuk-hadirkan-fasilitas-pembiayaan-di-sektor

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.