Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos Zurich: Bisnis Asuransi Semakin Menjanjikan Tahun Depan

Direktur Utama Zurich Asuransi Indonesia Hassan Karim mengungkapkan, hal ini didukung kondisi ekonomi yang mulai pulih serta kian meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi sejak pandemi Covid-19.

“Tentunya dua tahun ini penuh tantangan bagi masyarakat dan banyak bisnis, namun kami optimis industri ini akan terus tumbuh tahun depan,” kata Hasan melalui siaran pers, Rabu (15/12/2021).

Hassan menjelaskan, di tahun 2021 Zurich mencatatkan kinerja positif. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan pendapatan premi bruto (GWP) sebesar 5 persen di kuartal III tahun 2021, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020. Berangkat dari pencapaian tersebut, Zurich telah menyiapkan bisnis strategi dengan pendekatan yang berfokus pada nasabah (customer-focused).

“Mengawali tahun 2022, Zurich siap menghadirkan produk-produk baru yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat melalui riset. Salah satunya adalah Zurich Travel Insurance, asuransi perjalanan komprehensif dan fleksibel yang didesain untuk menjawab kebutuhan dan preferensi masyarakat yang unik,” ujar Hassan.

Sementara itu, Direktur Zurich Asuransi Indonesia Wayan Pariama menjelaskan, Zurich Travel Insurance menghadirkan perlindungan menyeluruh terhadap berbagai jenis risiko, bahkan untuk olahraga ekstrim dan aktivitas petualangan, baik untuk perjalanan domestik maupun internasional, serta manfaat perlindungan dari Covid-19.

“Pemulihan mobilisasi masyarakat ini pun turut meningkatkan kebutuhan akan perlindungan yang komprehensif, termasuk risiko yang disebabkan oleh pandemi. Namin situasi pandemi ini juga telah merubah perilaku pelanggan dan perusahaan asuransi harus terus berinovasi menghadirkan perlindungan terbaik untuk masyarakat,” ujar Wayan.

Wayan menambahkan, kedepannya juga Zurich akan memperkuat keunggulan digital dan analisis data guna memberikan proposisi yang lebih baik dan menghadirkan pengalaman berasuransi yang nyaman, mulai dari akses ke produk yang mudah hingga proses klaim yang lancar.

“Bagi Zurich, menempatkan nasabah sebagai fokus utama telah menjadi bagian dari DNA kami sejak awal. Misi kami adalah untuk memberikan proteksi yang tepat bagi masyarakat Indonesia” tutup Wayan.

AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) mencatat pendapatan premi asuransi umum sampai dengan Kuartal III 2021 sebesar Rp 55,1 triliun, bertumbuh sebesar 2,2 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp 53,8 triliun, yang semakin menunjukkan kemampuan industri untuk mempertahankan kinerja positif di tengah pandemi.

“Dari kondisi pandemi, kita melihat ada peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi berbagai elemen dalam kehidupan, mulai dari kesehatan hingga aset properti. Kondisi ini juga memberikan peluang strategis untuk industri asuransi umum di tahun 2022,” tambah Hassan.

https://money.kompas.com/read/2021/12/16/074500426/bos-zurich--bisnis-asuransi-semakin-menjanjikan-tahun-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke