Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2021 Mencapai 4 Persen

Proyeksi ini lebih rendah dari perkiraan awal bank sentral yang sebesar 3,5 persen-4,3 persen di 2021.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, perbaikan kinerja ekonomi terus meningkat sejalan efektivitas pengendalian penanganan Covid-19 yang berdampak positif bagi meningkatnya kinerja ekonomi domestik pada kuartal IV-2021.

“Ini sejalan dengan meningkatnya langkah-langkah penanganan yang ditempuh pemerintah dalam pengendalian Covid-19 varian delta,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12/2021).

Indikator proses pemulihan ekonomi

Menurutnya, ada sejumlah indikator hingga Desember 2021 menunjukkan proses pemulihan yang berlanjut.

Seperti peningkatan mobilitas masyarakat di berbagai daerah, kenaikan penjualan eceran, penguatan keyakinan konsumen, serta ekspansi PMI Manufaktur.

Selain itu, ada juga faktor dorongan dari kinerja konsumsi swasta, investasi yang meningkat, serta konsumsi pemerintah, di tengah terjaganya kinerja ekspor. 

"Pertumbuhan ekonomi juga didukung oleh kinerja lapangan usaha, terutama lapangan usaha industri pengolahan, perdagangan, serta pertambangan diperkirakan tetap baik," kata Perry.


BI optimistis pertumbuhan ekonomi berlanjut pada 2022

Ia pun optimistis kinerja pertumbuhan ekonomi akan berlanjut pada 2022, terutama didukung konsumsi swasta yang meningkat, dan kinerja ekspor serta belanja fiskal pemerintah yang tetap terjaga.

Menurutnya, proyeksi pertumbuhan ekonomi di tahun depan sejalan dengan mobilitas yang terus meningkat, pembukaan ekonomi yang semakin luas, serta stimulus kebijakan yang berlanjut.

"Dengan perkembangan tersebut, Bank Indonesia memprakirakan ekonomi domestik 2022 tumbuh lebih tinggi menjadi 4,7 persen-5,5 persen," pungkas Perry.

https://money.kompas.com/read/2021/12/16/195138326/bi-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi-2021-mencapai-4-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke