Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kadin: Program Magang Bersertifikat merupakan Terobosan

Adapun program tersebut merupakan kolaborasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan industri.

"Ini merupakan terobosan dari dunia pendidikan untuk melakukan penyesuaian dengan kebutuhan industri, agar kualitas SDM yang ada bisa memenuhi tuntutan keterampilan di pasar kerja saat ini," ungkap Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dalam siaran pers, Kamis (16/12/2021).

Dalam program magang bersertifikat terdapat beberapa karakteristik yang menjadi acuan, diantaranya peserta magang diharapkan bisa memecahkan permasalahan yang ditemui di tempat kerja, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan.

"Peserta magang bisa bekerja dalam kelompok, dibimbing oleh mentor profesional dengan program yang terstruktur," tandasnya.

Kemendikbudristek bekerja dengan 121 perusahaan dan mitra untuk menyediakan 12.909 pengalaman bagi mahasiswa pada 2021.

Kadin menyebut 400 perusahaan sudah mengumpulkan proposal, namun 121 mitra yang lolos dengan rancangan program magang dan studi independen berkualitas tinggi.

Adapun terkait pendaftaran, perusahaan dapat mengisi proposal di https://mitra.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Sementara untuk mahasiswa bisa melakukan pendaftaran ke program terpilih melalui kanal perusahaan atau platform Kampus Merdeka.

"Selain magang di perusahaan, organisasi nirlaba dan multilateral, lembaga pemerintahan, atau di startup, mahasiswa juga dapat mengembangkan bisnis secara mandiri atau berpartisipasi dalam incubator atau accelerator dengan jaringan mentor berkualitas," kata  Arsjad.

https://money.kompas.com/read/2021/12/16/203000826/kadin--program-magang-bersertifikat-merupakan-terobosan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke