Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gabung Justin Bieber hingga BTS, Melania Trump Jual NFT Karya Seni Perdananya, Melania's Vision

Seperti dikutip dari Bloomberg, dalam pernyataan resminya di Twitter, Melania Trump mengatakan akan mulai menjual NFT perdananya berjudul Melania's Vision secara terbatas dengan periode waktu 16-31 Desember 2021.

Isinya, kesenian karya Marc-Antoine Coulon, amulet, serta rekaman suara berisi harapan dari Melania, masing-masing 1 SOL (sekitar 150 dollar AS).

Selanjutnya, Melania akan rutin menjual NFT mulai Januari 2022, yang terdiri atas seni digital, benda seni, dan asesoris.

Hasil penjualan NFT Melania Trump untuk menyokong inisiatif Be Best, untuk pendidikan bidang digital anak-anak.

Token seperti ini, mengkombinasikan cryptocurrency dan blockchain yang digadang akan memiliki peran yang lebih krusial di masa mendatang.

Tapi tak semua seri NFT terjual mahal, ada juga yang terjual di bawah harga. Contoh seri NFT yang terjual hingga jutaal dollar misal CryptoPunks dan the Bored Ape Yacht Club.


Apa itu NFT?

Non-Fungible Token atau NFT adalah salah satu jenis aset digital yang sedang naik daun. NFT biasanya digunakan oleh seorang seniman untuk menjual karya seninya atau konten digital mereka.

Hal ini dikarenakan, lewat NFT, aset atau karya digital bisa dijual dan dipastikan keasliannya, meski, konten atau karya tersebut banyak diduplikasi dan beredar di internet.

Secara sederhana, NFT mengubah karya seni digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya, sehingga karya seni tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui blockchain.

Atas setiap karya seni, hanya ada satu NFT dan hal itu ditunjukkan lewat kode identitas yang unik.

Secara lebih spesifik, NFT biasanya ditraksaksikan lewat blockchain ethereum, meski beragam blockchain lain sebenarnya juga mendukung transaksi NFT.

Bisa dikatakan, NFT diciptakan atau dicetak dari obyek digital yang mewakili sebuah item baik berwujud maupun tak berwujud.

Beragam item tersebut seperti:

  • Karya seni
  • GIF
  • Video atau potongan video kejadian dari peristiwa olahraga
  • Avatar virtual atau persona dalam video game
  • Designer Sneaker
  • Musik

https://money.kompas.com/read/2021/12/17/083209326/gabung-justin-bieber-hingga-bts-melania-trump-jual-nft-karya-seni-perdananya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke