Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adhi Karya Perbaiki Jembatan Besuk Kobokan yang Rusak Diterjang Lahar Gunung Semeru

JAKARTA, KOMPAS.com - Erupsi Gunung Semeru terjadi pekan lalu membuat beberapa sarana dan prasarana di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang terdampak. Salah satunya adalah putusnya akses yang menyambungkan dua kabupaten tersebut, yakni Jembatan Besuk Koboan.

Terhantam arus lahar Gunung Semeru, satu-satunya jembatan penghubung Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang tersebut kini tak dapat dilewati. Oleh sebab itu, PT Adhi Karya (ADHI) sebagai salah satu perusahaan infrastruktur plat merah mengerahkan upaya dalam perbaikan jembatan besuk koboan.

“ADHI saat ini tengah berfokus untuk membersihkan berbagai puing-puing bangunan yang menutupi akses warga. Nantinya, ADHI kembali ditugaskan untuk menyambungkan dua kabupaten yang terdampak begitu parah akibat erupsi,” kata Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk Farid Budiyanto melalui siaran pers, Jumat (17/12/2021).

Farid menjelaskan, erupsi Gunung Semeru yang begitu dahsyat membuat daerah di sekitar merasakan dampaknya. Salah satu kerusakan terparah ada pada sebuah jembatan Besuk Kobokan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang ini menjadi penopang kehidupan para warga kaki gunung Semeru untuk berlalu lalang.

Sebagai informasi, Jembatan Besuk Kobokan merupakan jembatan yang dibangun oleh ADHI pada tahun 1999 melalui karya nyata untuk daerah Lumajang, Jawa Timur, yang menjadi jalur utama antara dua kabupaten.

“Jembatan ini mungkin sederhana, namun begitu bermakna bagi para warga. Jembatan itu kini telah menyatu dengan debu yang dihasilkan oleh erupsi Gunung Semeru,” ujar Farid.

https://money.kompas.com/read/2021/12/17/130000126/adhi-karya-perbaiki-jembatan-besuk-kobokan-yang-rusak-diterjang-lahar-gunung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke