Salin Artikel

Perbandingan Bunga Deposito 4 Bank BUMN, Mana yang Tertinggi saat Ini?

JAKARTA, KOMPAS.com - Deposito adalah salah satu instrumen investasi dari perbankan yang dapat dipilih oleh nasabah. Perbankan berikan bunga deposito tertinggi dari bunga tabungan bisa.

Dilansir dari laman Sikapiuangmu yang dikelola Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian deposito adalah simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu.

Secara sederhana, deposito adalah produk investasi dari perbankan dengan tingkat pengembalian lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. Namun nasabah tidak bisa mengambil dananya dalam jangka waktu tertentu.

Deposito umumnya dipilih sebagai instrumen investasi bagi investor dengan risiko profil tidak tinggi. Pasalnya, deposito adalah masuk dalam jaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Setiap bank menawarkan bunga deposito tertinggi yang berbeda untuk tiap jangka waktu yang ditawarkan. Meskipun biasanya suku bunga deposito masih di bawah tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate). 

Saat ini suku bunga acuan BI sebesar 3,5 persen sehingga sekrang bunga deposito tertinggi biasanya di bawah 3,5 persen. Berikut bunga deposito tertinggi dan saldo penempatan minimum yang dihimpun Kompas.com dari masing-masing situs resmi bank BUMN:

1. Bank Mandiri

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dalam situs resminya menyebutkan tenor bunga deposito Mandiri adalah 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan, bisa dipilih nasabah sesuai kebutuhannya. Nasabah bebas memperpanjang deposito secara otomatis atau automatic roll over (ARO).

Selain itu, nasabah dapat memilih untuk menginvestasikan kembali bunga deposito Mandiri ke pokok deposito atau ditransfer ke rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan yang dapat ditarik setiap saat.

Adapun minimum saldo penempatan bunga deposito Mandiri jika melakukan pembukaan melalui kantor cabang sebanyak Rp 10 juta, sedangkan pembukaan melalui e-Banking atau Mandiri Online hanya Rp 1 juta.

Untuk bunga deposito Mandiri rupiah yang dibayar saat jatuh tempo rinciannya sebagai berikut:

  • Bunga deposito Manidiri 2,5 persen untuk tenor 1 bulan dan 3 bulan.
  • Bunga deposito Mandiri 2,6 persen untuk tenor 6, 12, dan 24 bulan.

Sementara untuk bunga deposito Mandiri rupiah yang bunganya dibayar di muka sebagai berikut:

  • Bunga deposito Mandiri 2,49 persen untuk tenor sebulan
  • Bunga deposito Mandiri 2,48 persen untuk tenor 3 bulan
  • Bunga deposito Mandiri 2,56 persen untuk tenor 6 bulan
  • Bunga deposito Mandiri 2,53 persen untuk tenor 12 bulan
  • Bunga deposito Mandiri 2,46 persen untuk tenor 24 bulan.

Untuk persyaratan pembukaan deposito Mandiri bisa dilihat di sini. 

2. Bank BNI

Saldo pembukaan rekening deposito BNI rupiah di PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) sebesar Rp 10 juta dan tersedia dalam tenor 1, 3, 5, 12, dan 24 bulan. Bunga deposito BNI dapat diperpanjang secara otomatis maupun tidak otomatis.

Berikut rincian bunga deposito BNI rupiah dikutip dari situs resminya:

  • Bunga deposito BNI2,5 persen untuk tenor 1 bulan.
  • Bunga deposito BNI 2,6 persen untuk tenor 3 bulan.
  • Bunga deposito BNI 2,75 prsen untuk tenor 6, 12, 24 bulan.

Untuk persyaratan pembukaan rekening deposito BNI bisa mengunjungi halaman ini.

3. Bank BRI

Pembukaan rekening awal bunga deposito BRI rupiah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) di kantor cabang sebesar Rp 10 juta sedangkan melalui Internet Banking BRI minimal Rp 5 juta dan maksimal Rp 100 juta.

Bunga deposito BRI dibagi menjadi beberapa tenor yakni 1, 3, 6, 12, 24, dan 36 bulan. Bunga deposito BRI pun lebih tinggi dari Bank Mandiri dan Bank BNI.

Berikut rincian bunga deposito BRI rupiah dilansir dari situs resminya:

  • Bunga deposito BRI 2,75 persen untuk tenor 1 dan 3 bulan.
  • Bunga deposito BRI 2,85 persen untuk tenor 6, 12, 24, dan 36 bulan.

Untuk persyaratan pembukaan rekening bunga deposito BRI dan simulasi depositonya bisa dilihat di sini. 

4. Bank BTN

Saldo minimum bunga deposito BTN sebesar Rp 1 juta. Tenor bunga deposito BTN yang diberikan juga beragam seperti 1, 2, 3, 4, 6, 12, dan 24 bulan.

Berikut bunga deposito BTN yang berlaku efektif mulai 1 Desember 2021:

Bunga deposito BTN 2, 50 persen untuk tenor 1 bulan nominal kurang dari Rp 100 juta hingga kurang dari Rp 500 juta, tenor 2, 3, dan 4 bulan untuk nominal kurang dari Rp 100 juta.

Bunga deposito BTN 2,75 persen untuk tenor 1 bulan nominal Rp 500 juta sampai lebih dari Rp 2 miliar, tenor 2, 3, dan 4 bulan nominal Rp 500 juta. Tenor 6, 12, dan 24 bulan nominal nominal kurang dari Rp 100 juta hingga kurang dari Rp 500 juta.

Bunga deposito BTN 2,85 persen untuk tenor 2, 3, 4, 6, 12, dan 24 bulan nominal Rp 500 juta sampai lebih dari Rp 2 miliar.

Untuk persyaratan pembukaan rekening deposito BRI dan simulasi depostonya bisa dilihat di sini. 

Kesimpulannya, bunga deposito tertinggi keempat bank BUMN ini di angka 2,85 persen yang diberikan oleh Bank BRI dan Bank BTN di tenor dan nominal tertentu. Namun memang besaran bunga deposito tertinggi hampir mirip di tiap bank kisaran 2,5 sampai 2,85 persen.

Dengan demikian, nasabah hanya perlu memilih mana yang cocok untuk saldo, tenor, dan bunga deposito tertinggi sesuai kemampuan dan kebutuhan masing-masing. Biasanya bank menyediakan layanan penhitungan simulasi bunga deposito di situs webnya.

https://money.kompas.com/read/2021/12/18/175732626/perbandingan-bunga-deposito-4-bank-bumn-mana-yang-tertinggi-saat-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.