Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Ambil Uang di ATM Beda Bank? Ini Cara Tarik Tunai di ATM Bersama

Informasi seputar cara menggunakan ATM Bersama memang kerap dicari pembaca, termasuk mengenai cara tarik tunai di ATM Bersama dan biaya ambil uang di ATM Bersama.

Apakah bisa mengambil uang beda ATM? Bisakah mengambil uang di ATM Bersama? Apakah ambil uang di ATM Bersama kena biaya? Ambil uang di ATM Bersama kena cas berapa?

Itulah sederet pertanyaan yang kerap mencuat di kalangan pembaca. Karena itu, artikel ini akan mencoba menyajikan jawaban atas banyaknya pertanyaan tersebut.

Ciri-ciri ATM Bersama

Bagi nasabah yang masih bingung mengenai cara mengambil uang di ATM beda bank, salah satu alternatifnya adalah memanfaatkan jaringan switching ATM Bersama.

Ini adalah jaringan koneksi antar bank yang memungkinkan untuk cek saldo, penarikan tunai, dan juga transfer antar bank yang berbeda melalui mesin ATM yang tergabung dalam anggota jaringan ATM Bersama.

Hanya saja, perlu diingat untuk lebih dulu memastikan kartu ATM dari bank yang akan digunakan merupakan anggota dari jaringan ATM Bersama.

Untuk mengetahui apakah bank yang kita gunakan merupakan anggota jaringan ATM Bersama atau bukan, nasabah bisa memeriksa bagian belakang kartu ATM.

Jika terdapat logo ATM Bersama, maka bank yang digunakan sudah tergabung menjadi anggota jaringan ATM Bersama, asal paham cara mengambil uang di ATM Bersama.

Selanjutnya, cek pada mesin ATM yang akan digunakan, pastikan logo ATM Bersama tercantum pada mesin ATM tersebut. Ini juga penting karena terkait dengan cara tarik tunai di ATM Bersama.

Jika terdapat logo ATM Bersama pada kartu ATM dan mesin ATM yang akan digunakan, maka dapat dipastikan transaksi bisa dilakukan, dengan catatan akan terkena biaya ambil uang di ATM Bersama.

Jumlah maksimal tarif dari transaksi yang akan dikenakan untuk transaksi penarikan tunai di ATM Bersama adalah sebesar Rp 7.500.

Tarif transaksi ini akan selalu dikenakan setiap kali nasabah menggunakan jaringan switching ATM Bersama. Misalnya saja nasabah melakukan dua kali penarikan tunai, maka biaya yang akan dikenakan adalah sebesar Rp 15.000.

Meski demikian, besaran biaya yang dikenakan kepada nasabah yang bertransaksi melalui ATM Bersama bergantung pada kebijakan dan strategi bank kepada nasabahnya.

Beberapa bank tidak mengenakan biaya sama sekali atau gratis, ada yang mensubsidi sebagian biaya dan ada yang mengenakan biaya penuh kepada nasabahnya. Itulah biaya ambil uang di ATM Bersama.

Langkah-langkah ambil uang di ATM Bersama

Lebih lanjut terkait cara mengambil uang di ATM beda bank di ATM Bersama, pahami cara mengambil uang di ATM Bersama (cara tarik tunai di ATM Bersama) sebagai berikut:

https://money.kompas.com/read/2021/12/21/112811326/mau-ambil-uang-di-atm-beda-bank-ini-cara-tarik-tunai-di-atm-bersama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke