Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dikabarkan Caplok Bank Mayora, Ini Kata BNI

Adapun Bank Mayora dikabarkan menjadi kandidat utama bank yang akan diakuisisi dan menjadi anak usaha bank dengan kode emiten BBNI itu.

Merespons kabar tersebut, Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom membenarkan, saat ini perseroan tengah dalam tahapan pengembangan kapabilitas digital.

"Perseroan saat ini tengah memasuki tahapan yang lebih serius untuk mengembangkan kapabilitas digital melalui strategi anorganik," ujar dia, dalam keterbukaan informasi BEI, dikutip Selasa (21/12/2021).

Namun demikian, sebagai perusahaan terbuka, semua aksi korporasi yang dilakukan BNI harus tunduk pada prinsip governance yang berlaku dan menghormati masing masing pihak terkait.

Oleh karena itu, BNI disebut belum dapat menyampaikan lebih detail terkait rencana akuisisi bank kecil tersebut.

"Sebagai perusahaan terbuka, semua aksi korporasi yang dilakukan BNI harus tunduk pada prinsip governance yang berlaku dan menghormati masing masing pihak terkait," tutur Mucharom.

"Oleh karena itu, BNI belum dapat menyampaikan nama target bank yang akan dibidik maupun partner yang akan digandeng," ucap dia.

Sebelumnya, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar sempat mengatakan, perseroan telah mencapai kesepakatan awal untuk mengakuisisi satu bank kecil, guna memuluskan ncana peluncuran bank digital.

"Dapat kami sampaikan bahwa kami telah mencapai kesepakatan awal untuk akuisisi bank ini yang memiliki ekosistem bisnis yang kuat untuk dikembangkan menjadi bank digital," ujar dia, dalam konferensi pers virtual, Senin (25/10/2021).

Namun, Royke masih belum bisa membeberkan secara spesifik nama bank yang telah diakuisi oleh perseroan.

Ia menambahkan, perseroan telah mengalokasikan dana khusus pengembangan bank digital, sesuai dengan Rencana Bisnis Bank (RBB) 2021.

"Target idealnya adalah BUKU 1-BUKU 2 berdasarkan klasifikasi bank sebelumnya. Artinya, modal intinya itu tidak lebih dari Rp 3 triliun," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2021/12/21/114944626/dikabarkan-caplok-bank-mayora-ini-kata-bni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke