Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips Mudah untuk Mencapai Resolusi Keuangan 2022

Head of Marketing, Branding and Digital Products Bank Commonwealth Lia Rosmalia memberikan beberapa tips atau cara mencapai resolusi keuangan agar terwujud dengan mudah. Pertama, mulai dari penyiapan anggaran, lalu melakukan pencatatan keuangan, dan terakhir disiplin dalam pengalokasian dana.

“Pertama dan yang paling penting dilakukan adalah membuat anggaran setiap bulan. Idealnya, kita menganggarkan 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk entertainment, dan 20 persen untuk tabungan, investasi, dan cicilan,” kata Lia dalam acara diskusi dengan media, BizInsight secara virtual, Selasa (21/12/2021).

Tips kedua, buat catatan keuangan. Lia menjelaskan penting untuk melakukan pencatatan keuangan, dengan mencatat anggaran dan melakukan tracking pengeluaran.

Menurut Lia, pencatatan ini harus dilakukan secara rutin setiap bulan agar bisa meningkatkan tabungan dan juga melacak pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

Tips ketiga adalah disiplin. Lia mengatakan untuk mencapai resolusi keuangan di tahun 2022, penting untuk disiplin dalam membuat anggaran setiap bulan, disiplin tracking pengeluaran atau melakukan evaluasi.

Lia menambahkan, untuk mewujudkan resolusi keuangan di tahun 2022, penting juga untuk memanfaatkan fitur produk tabungan yang sesuai, misalkan saja fitur tabungan yang memudahkan mencapai tujuan keuangan, atau yang mendorong lebih disiplin dalam menabung dan mengalokasikan pengeluaran rutin.

“Kita bisa menjaga cash flow kita dengan menyiapkan pengeluaran rutin ini jauh-jauh hari, agar kita bisa menghindari pengeluaran yang besar secara langsung,” kata Lia.

https://money.kompas.com/read/2021/12/21/130000526/3-tips-mudah-untuk-mencapai-resolusi-keuangan-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke