Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Airlangga Sebut Syarat Utama agar Peran Sektor Pertanian Meningkat

Hal itu disampaikan Airlangga Hartarto saat menjadi keynote speaker pada acara Seminar Nasional Outlook Pertanian Indonesia 2022 yang diselenggarakan secara virtual oleh Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), pada Selasa (21/12/2021).

“Dalam rangka meningkatkan peran sektor pertanian, pengembangan sistem pangan yang berkelanjutan menjadi sebuah syarat utama," ujarnya seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Menurut Airlangga. sistem pangan nasional tersebut secara kolaboratif akan meningkatkan produksi pangan yang berkualitas dan aman, didukung oleh lingkungan yang kondusif, stabilitas akses pangan, efisiensi distribusi pangan, serta pemberian bantuan pangan bagi rumah tangga rawan pangan.

Pemerintah menyebut, pertumbuhan sektor pertanian, kehutanan, perikanan, masih sedikit di bawah pertumbuhan ekonomi nasional dalam 6 dekade terakhir.

Meski begitu, pemerintah menilai sektor pertanian selalu mampu menunjukkan resiliensi dalam masa krisis dan menunjukkan peran sektor pertanian mampu bertahan sebagai buffer perekonomian.

Oleh karena itu, Airlangga menyampaikan bahwa pengembangan sektor pertanian berkelanjutan dengan peningkatan skala usaha melalui integrasi hulu-hilir, serta pelibatan teknologi dalam lingkup korporasi, akan menjadi prasyarat dalam peningkatan daya saing komoditas pertanian, baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun orientasi ekspor.

Untuk mendukung program strategis di sektor pangan dan pertanian, pemerintah mengaku telah mengeluarkan sejumlah kebijakan. Mulai dari stabilisasi harga dan pasokan pangan, pengembangan Kawasan Hortikultura Orientasi Ekspor, hingga pengembangan korporasi petani.

https://money.kompas.com/read/2021/12/22/133000226/menko-airlangga-sebut-syarat-utama-agar-peran-sektor-pertanian-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke