Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TaniHub Group Pastikan Produk Pangan Terjaga Selama Natal dan Tahun Baru 2022

Perusahaan terus memperkuat kapasitas stok untuk memenuhi permintaan konsumen yang meningkat pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

Chief Marketing Officer and Director of People & Culture TaniHub Group Ritchie Goenawan mengatakan, langkah ini merupakan antisipasi TaniHub Group saat terjadinya peningkatan permintaan atas sejumlah bahan pangan pokok di pasaran, yaitu beras, minyak goreng, telur, daging, dan lain-lain.

"Sejak awal 2021, kami telah mengantisipasi pertumbuhan permintaan yang akan lebih tinggi, termasuk saat musim liburan pada akhir tahun," ujar Ritchie kepada Kompas.com, Rabu (22/12/2021).

Ritchie mengakui, selain faktor libur panjang musiman pada akhir tahun, peningkatan permintaan juga disebabkan oleh beberapa faktor lainnya seperti kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama hampir 2 tahun yang memicu masyarakat untuk berbelanja bahan pangan segar secara daring.

Permintaan konsumen juga semakin meningkat seiring maraknya promo dan kampanye double date seperti 11.11 dan Harbolnas 12.12 yang diadakan oleh pemain industri e-grocery, termasuk TaniHub.

Peer-to-peer lending TaniFund

Ritchie mengklaim, secara umum perusahaan selalu mampu memenuhi permintaan konsumen karena ditopang oleh hubungan yang erat dengan para mitra petani yang saat ini telah mencapai lebih dari 60.000 orang di berbagai daerah.


Selain itu, TaniHub Group juga memiliki platform peer-to-peer lending TaniFund yang selalu aktif mencari proyek budidaya yang dapat dibiayai, sehingga hasil panen dapat diserap kembali oleh TaniHub.

"Kami juga terus mengembangkan sistem supply-demand forecasting agar semakin mampu memprediksi dengan akurat mengenai tren pasokan dan permintaan setiap komoditas, serta menyempurnakannya dengan berbagai data points lainnya, termasuk pengaruh gangguan cuaca terhadap panen," ungkap Ritchie.


Terus cari mitra baru hingga 1 juta petani pada 2022

Namun, Ritchie mengatakan, upaya untuk mencari lebih banyak pasokan dari para petani baru harus terus dilakukan. Dengan misi itu, TaniHub Group berharap dapat bekerja sama dengan 1 juta petani pada akhir 2022.

“Kami tetap fokus untuk memperluas jaringan mitra petani atau memperkuat sisi hulu, agar kami selalu bisa menyediakan pasokan yang sangat bisa diandalkan untuk semua customer kami, baik B2B maupun B2C. Itu merupakan pekerjaan rumah kami yang journey-nya masih panjang, sehingga kami akan terus mengerahkan upaya dan berinvestasi pada aspek tersebut,” ujar Ritchie.

Kemudian, untuk mengantisipasi permintaan yang tinggi, Ritchie menegaskan pihaknya terus berkomitmen menjaga kelancaran operasional dan kualitas handling produk agar produk dapat sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang tetap baik.

Di sisi hilir, perusahaan secara aktif terus berupaya meningkatkan awareness masyarakat mengenai keuntungan berbelanja bahan pangan secara daring.

"Menjelang Natal dan Tahun Baru, kami juga akan melanjutkan program promonya yaitu Bejibun (Belanja Gaji Bulanan) yang diadakan setiap akhir bulan, serta meluncurkan produk baru yaitu aneka kue kering untuk menyambut musim liburan," kata Ritchie.

https://money.kompas.com/read/2021/12/22/183000126/tanihub-group-pastikan-produk-pangan-terjaga-selama-natal-dan-tahun-baru-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke