Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tes Acak Covid-19 Bakal Dilakukan di Sejumlah Titik Menuju Lokasi Wisata dan Mal

Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan masyarakat, mengingat tidak diterapkannya penyekatan selama Nataru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, tes acak akan dilaksanakan di sejumlah titik menuju tempat-tempat wisata dan pusat perbelanjaan atau mal.

Budi meminta kepada masyarakat untuk waspada selama masa Nataru, sebab diproyeksikan akan ada sekitar 11 juta orang bepergian pada periode tersebut.

“Pesan utama pada Nataru ini yaitu pengetatan prokes. Kalau bisa di rumah saja itu lebih baik, tetapi kalau mau bepergian jarak jauh, harus vaksin dua kali dan tes antigen 1x24 jam,” ujar dia, dalam tinjauannya di Bogor, Kamis (23/12/2021).

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, di pos pengamanan disiapkan gerai vaksin yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan vaksinasi jika belum mendapatkan vaksin dosis lengkap.

Selain itu, juga disiapkan tempat isolasi sementara, jika diketahui ada yang positif Covid-19.

“Di rest area juga telah disiapkan pos pengamanan, untuk melakukan pengecekan melalui aplikasi PeduliLindungi,” ucapnya.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyebutkan, lokasi penerapan tes acak akan dilakukan di terminal penumpang, rest area, unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor, pos pelayanan di pintu keluar-masuk atau perbatasan provinsi dan kabupaten/kota, serta di pelabuhan penyeberangan.

Budi mengatakan, pengetesan akan dilakukan dengan rapid test antigen. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di masa liburan pergantian tahun.

"Ini sifatnya gratis, kami siapkan dari Kemenhub," kata dia.

Selain dilakukan tes acak Covid-19, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan bagi para pelaku perjalanan.

Hal itu untuk memastikan pelaku perjalanan telah memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah.

https://money.kompas.com/read/2021/12/23/164154326/tes-acak-covid-19-bakal-dilakukan-di-sejumlah-titik-menuju-lokasi-wisata-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke