Salin Artikel

Bantu Warga Terhindar dari Pinjol yang "Mencekik", Bank BJB Salurkan Kredit Mesra di Karawang

Penyaluran kredit tersebut sekaligus peluncuran program digital di Karawang untuk mendukung perekonomian desa yaitu Desa Digital 2.0. Acara tersebut digelar di Gedung Pemberdayaan Ekonomi Umat GKP Immanuel Karawang, Jumat (24/12/2021).

Peluncuran tersebut mengusung tema peran Bank BJB untuk keberagaman di era digitalisasi dalam mewujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan, Kredit Mesra merupakan program bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Bank BJB. Mesra kependekan dari Masyarakat Ekonomi Sejahtera merupakan kredit tanpa agunan dengan nilai kredit Rp 500 sampai Rp 5 juta. Kreditur hanya dikenai biaya administrasi saja. Kredit Mesra diberikan secara berkelompok.

"Tujuannya membantu masyarakat agar terhindar pinjol (pinjaman online) yang (bunganya) mencekik," kata Yuddy.

Ia berharap kemudahan-kemudahan dalam Kredit Mesra dapat membantu masyarakat, terutama di kalangan bawah. Di Karawang misalnya, Kredit Mesra telah menjangkau 297 desa dengan 200 debitur aktif dan 1.000 yang tengah dalam antrean.

"Sedangkan di Jawa Barat, per November 2021 sebanyak 7.200 debitur yang telah kredit Mesra dengan outstanding Rp 28 miliar. Dengan arus digitalisasi yang semakin mengalir deras masuk ke desa-desa, pelaku UMKM harus menyambutnya sebagai peluang guna memperbesar skala usaha," ujarnya.

Sementara Program Desa Digital 2.0, jelas Yuddy, menjadi perhatian Bank BJB karena desa adalah sebuah aglomerasi permukiman dengan berbagai mata pencaharian dan latar belakang, yang memiliki potensi ekonomi yang perlu dikembangkan.

Pengembangan potensi itu dapat dipercepat dengan melakukan transformasi digital. Dalam hal ini, Bank BJB berkolaborasi bersama Pemprov Jabar memberikan kemudahan kepada masyarakat desa dalam mengakses produk perbankan dan penyediaan akses internet.

Melalui program desa digital masyarakat desa diajak untuk mengubah cara bertransaksi dari tunai menjadi non tunai atau cashless.

Selain itu, program tersebut juga diharapkan menjadikan desa sebagai pusat pelayanan keuangan masyarakatnya, mulai dari pembayaran pajak daerah (PBB), Samsat, pembayaran kewajian lainnya, penarikan dan penyetoran uang serta desa sebagai etalase penjulan produk UKM masyarakat.

Program Desa Digital di Karawang hingga November ini sudah berjalan di 30 desa. Hingga akhir Desember 2021, program tersebut ditargetkan mencapai 60 desa.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut Kredit Mesra merupakan salah satu ide dari dirinya. Program itu sebagai salah satu upaya peningkatan ekonomi masyarakat Jawa Barat yang mengincar wilayah perkotaan hingga pedesaan.

Untuk mewujudkannya, Emil sapaan Ridwan Kamil, meminta Bank BJB terjun langsung ke desa-desa hingga perkumpulan jemaat di tempat ibadah.

"Karena ini sangat penting untuk peningkatan ekonomi, jadi harus berani untuk jemput bola," kata Emil.

"Dengan BJB Kredit Mesra masyarakat akan semakin mudah mendapatkan pembiayaan mikro karena kredit tersebut tanpa bunga dan agunan serta hasil kerja sama dengan Pemprov Jabar. Bjb Kredit Mesra telah dibuka secara luas bagi pemeluk semua agama," sambungnya.

https://money.kompas.com/read/2021/12/24/203017626/bantu-warga-terhindar-dari-pinjol-yang-mencekik-bank-bjb-salurkan-kredit-mesra

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.