Salin Artikel

Cara Bayar Pajak Online dengan Mudah, Bisa dari Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembayaran pajak di era digital seperti sekarang ini semakin mudah dan praktis. Wajib pajak tidak perlu lagi datang ke kantor pajak untuk membayar kewajiban sebagai warga negara. Pasalnya, ada cara bayar pajak online yang dapat menjadi pilihan.

Cara bayar pajak online tentu menjadi hal penting untuk diketahui oleh wajib pajak karena banyak manfaatnya. Selain menghemat waktu dan biaya, cara bayar pajak online juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Tidak hanya itu, cara bayar pajak online juga dapat menghindari kesalahan dari pencatatan transaksi secara manual. Untuk membayar pajak secara online, wajib pajak dapat melakukannya melalui aplikasi ataupun laman resmi DJP Online.

Cara bayar pajak online juga memungkinkan data dan hasil transaksi langsung tersimpan di sistem DJP. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko kehilangan data akibat kelalaian dan penyebab lainnya.

Karena dilakukan secara daring, cara bayar pajak online pun memudahkan Wajib Pajak yang hendak membayar pajak sehingga tak perlu lagi mengantre di kantor pajak. Cukup dengan ponsel atau laptop yang tersambung dengan internet, pembayaran pajak menjadi lebih cepat dan efisien.

Lalu bagaimana cara bayar pajak online?

Dilansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP), pajak.go.id, e-billing pajak adalah metode pembayaran pajak secara elektronik dengan menggunakan kode billing atau ID billing sebagai cara untuk bayar pajak online.

Kode billing ini harus dibuat oleh wajib pajak sebelum membayar pajak (bayar pajak online). Layanan mandiri pembuatan kode billing melalui aplikasi billing DJP akan dilayani pada menu e-Billing DJP Online.

Namun untuk bisa mendapakkan kode billing dan mengakses DJP Online, Anda harus terlebih dahulu dan mengaktifkan EFIN atau Electronic Filling Identification (EFIN).

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak kepada wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik perpajakan, seperti lapor SPT melalui e-Filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak.

EFIN berlaku seumur hidup dan dapat digunakan oleh wajib pajak untuk registrasi di situs aplikasi DJP Online.

Untuk bisa mendapatkan EFIN, Anda perlu untuk menyambangi kantor pajak (KKP) terdekat di domisili Anda. Cara daftar EFIN online via email dan website dapat dilihat di sini. Bila sudah memiliki EFIN, Anda bisa melakukan registrasi akun DJP Online.

Cara membuat akun DJP online

Cara bayar pajak online

  • Login ke laman djponline.pajak.go.id.
  • Setelah berhasil login, selanjutnya pilih menu e-Billing System.
  • Pilih pada menu Isi SSE.
  • Kemudian Anda akan mendapat form Surat Setoran Elektronik (SSE) yang harus Anda isi.
  • Data pada formulir tersebut akan terisi otomatis. Yang perlu Anda ubah hanya pada kolom Jenis Pajak, Jenis Setoran, Masa Pajak, Tahun Pajak, Uraian Pajak yang dibayarkan, dan Jumlah Setoran.
  • Setelah merampungkan pengisian, klik Simpan.
  • Klik pada pilihan Kode Billing.
  • Klik Cetak Kode Billing.
  • Setelah mendapatkan Kode Billing, langkah selanjutnya Anda tingga bayar pajak online lewat bank, m-banking, internet banking, ATM atau kantor pos dengan memasukan Kode Billing tersebut.

Demikian informasi seputar cara bayar pajak online secara mudah dan praktis melalui aplikasi dan laman DJP online. Selamat mencoba!

https://money.kompas.com/read/2021/12/27/140115826/cara-bayar-pajak-online-dengan-mudah-bisa-dari-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.