Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Krakatau Steel Bayar Utang di 3 Bank Himbara Senilai Rp 2,7 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk telah memenuhi kewajiban penyelesaian utang Tranche B sebesar Rp 2,7 triliun kepada ketiga bank Himbara, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Dengan demikian, perusahaan ini dapat menyelesaikan fasilitas Working Capital Bridging Loan (WCBL) senilai 200 juta dollar Amerika Serikat (AS).

"Sesuai dengan perjanjian kredit restrukturisasi, Krakatau Steel telah melakukan pembayaran atas outstanding fasilitas kredit yang sebesar 200 juta dollar AS yang jatuh tempo pada bulan Desember 2021," ujar Direktur Keuangan Krakatau Steel Tardi melalui siaran persnya dikutip dari keterbukaan informasi, Senin (27/12/2021).

Pasca penandatanganan perjanjian restrukturisasi di bulan Januari 2020, Krakatau Steel telah membayar utang sebesar 30,4 juta dollar AS atau setara Rp 437 miliar. Terdiri atas utang Tranche A sebesar 17,4 juta dollar AS atau setara Rp 250 miliar dan cicilan utang kepada Commerzbank 13 juta dollar AS (Rp 187 miliar).

Jika ditotal, emiten dengan kode KRAS ini telah membayarkan utangnya sebesar Rp 3,2 triliun.

"Sumber pembayaran utang ini diperoleh dari internal cashflow perusahaan atas hasil kinerja Krakatau Steel yang semakin membaik pasca restrukturisasi," kata dia.

Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu, saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR mengungkapkan, kalau Krakatau Steel terancam bangkrut dalam waktu dekat ini. Itu bisa terjadi jika sejumlah langkah-langkah restrukturisasi gagal dilakukan.

Dalam upaya penyelamatan Krakatau Steel, Erick Thohir bilang akan mengambil langkah penyelamatan, salah satunya adalah menggandeng perusahaan asal Korea Selatan, Posco.

Nantinya, kerja sama dengan Posco tersebut untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Perusahaan Negeri Ginseng itu memang tengah mengincar peluang dalam industri mobil listrik.

https://money.kompas.com/read/2021/12/27/153000526/krakatau-steel-bayar-utang-di-3-bank-himbara-senilai-rp-2-7-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke