Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi Beroperasi Gratis, Simak Jadwal dan Rute Trans Metro Pasundan

Simak penjelasan pada artikel ini, termasuk mengenai jadwal Trans Metro Pasundan di Bandung dan sekitarnya yang dilayani sejumlah operator.

Sebelum itu, pahami dulu apa itu Trans Metro Pasundan. Moda transportasi public ini merupakan bagian dari Program Buy the Service (BTS) Teman Bus yang diluncurkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi hadir langsung dalam peresmian Trans Metro Pasundan di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju).

“Untuk BTS Trans Metro Pasundan akan menjadi backbone bagi angkutan massal perkotaan di kota Bandung dan sekitarnya,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (27/12/2021).

“Ke depannya tidak menutup kemungkinan ada aglomerasi Cirebon maupun Karawang akan kami siapkan,” sambung Budi Setiyadi terkait rute Trans Metro Pasundan.

Trans Metro Pasundan akan melayani pada jam operasional mulai dari pukul 05.00 - 21.00 WIB dengan 85 unit bus yang siap melayani penumpang di 5 rute layanan yakni:

Saat ini koridor yang sudah siap beroperasi yakni koridor 5 yang dilayani sebanyak 21 unit bus. Ukuran bus yang bervariasi pada sejumlah layanan Trans Metro Pasundan ini disesuaikan dengan rute trayek masing-masing agar perjalanan perjalanan penumpang terasa nyaman.

“Saat ini masih gratis, namun ke depannya kami sedang siapkan skema dengan tarif yang sangat terjangkau,” ungkap Budi Setiyadi.

Ia menyatakan alasan Pemerintah Pusat menghidupkan kembali angkutan massal perkotaan yakni salah satunya dipicu karena semakin banyaknya kendaraan pribadi yang dimiliki masyarakat.

“Kemampuan ekonomi masyarakat sekarang sudah semakin baik dan daya beli kendaraan bermotor cukup tinggi. Dampaknya di Kota Bandung misalnya pergerakan mobilitas masyarakat sangat tinggi dan menimbulkan kemacetan, termasuk di beberapa kota besar lainnya,” jelasnya.

“Mudah-mudahan kegiatan flag off Trans Metro Pasundan yang akan kita siapkan 5 koridor ke depannya ini akan memperbaiki polusi udara dan mengurai kemacetan. Sebetulnya untuk Bandung dan Surabaya sedang kami upayakan menggunakan bus listrik di tahun 2022,” sambungnya.

Kebijakan naik transportasi publik

Budi menegaskan, perlu ada intervensi dari Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat agar memilih transportasi publik ketimbang kendaraan pribadi.

Kalau tidak ada intervensi, menurutnya akan lambat sekali perubahan perilaku masyarakat. Karena itu ia berharap dari Pemerintah Daerah ada semacam strategi untuk membuat ada perubahan dari masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau motor.

Ada beberapa jenis intervensi yang dapat dilakukan Pemerintah Daerah yaitu program parkir yang semakin mahal dari segi harga, atau anak sekolah atau pegawai pemerintah diwajibkan menggunakan kendaraan umum pada hari tertentu.

“Atau dapat juga meniru kebijakan di Solo yaitu contra flow bagi angkutan umum. Sehingga masyarakat memperoleh efisiensi waktu jika berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya,” kata Budi.

https://money.kompas.com/read/2021/12/27/204004326/resmi-beroperasi-gratis-simak-jadwal-dan-rute-trans-metro-pasundan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke