Salin Artikel

Direktur Eksekutif Shopee Ungkap UMKM Mampu Rambah Pasar Ekspor

KOMPAS.com - Sejak hadir di Indonesia pada 2018, Shopee telah membantu lebih dari 5 juta penjual aktif yang didominasi oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto saat berbincang dengan Gita Wirjawan lewat podcastnya, EndGame, yang ditayangkan pada Rabu (22/12/2021).

Meski demikian, Christin menilai bahwa 5 juta UMKM yang terlihat banyak justru masih bisa digali lebih banyak lagi. Ia yakin, potensi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk go digital masih sangat luas.

Dalam bincang-bincang tersebut, perempuan asal Medan itu juga berbagi pengalamannya saat berkeliling ke berbagai pasar di Indonesia.

Ia menemukan banyak penjual yang belum masuk ke dalam ekosistem digital. Maka dari itu, Shopee fokus untuk membantu mereka agar dapat terdigitalisasi.

Christin mendapati para pelaku UMKM ragu untuk masuk ke dalam ekosistem digital karena tidak mengetahui caranya.

“Makanya, kami buat lebih banyak lagi pusat-pusat edukasi melalui Kampus UMKM Shopee. Kampus-kampus ini jadinya dibuat seperti markas. Mereka bisa datang, jadi tak ada alasan takut atau tidak tahu mau bertanya pada siapa,” jelasnya.

Pada Kampus UMKM Shopee, kata Christin, ada tim yang mendampingi. Bahkan, ada pula kelas pelatihan yang siap memberi edukasi dari hulu ke hilir bagi mereka.

Digitalisasi UMKM membawa produk lokal dapat dijangkau oleh masyarakat yang lebih luas bahkan hampir ke seluruh Indonesia dan juga mancanegara.

Salah satu program yang digalakkan oleh Shopee adalah membantu produk lokal dapat merambah pasar internasional dengan Kampus UMKM Shopee Ekspor. Lewat program ini, Shopee membuktikan #ShopeeAdaUntukIndonesia.

“Di kampus ini, para pelaku UMKM akan didampingi dan dibantu dari mulai produksi, pemasaran, logistik, hingga distribusi produknya ke luar negeri,” tambahnya.

Christin bahkan optimistis bahwa digitalisasi mampu membawa produk lokal go global.

“Saya bisa membayangkan peran UMKM sudah bisa meningkatkan produksi, produktivitas ditopang dengan teknologi, ditopang dengan inklusi keuangan, mereka bisa melakukan ekspor bukan hanya ke ASEAN, tapi bisa sampai ke berbagai negara lain, termasuk Amerika Latin,” ujarnya.

Semakin banyak produk Indonesia yang diekspor, Christin yakin dapat membantu menyeimbangkan neraca perdagangan Indonesia dalam hal ekspor-impor.

Hal itu akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan perekonomian Indonesia.

Sebagai informasi, Shopee telah membantu lebih dari 180.000 UMKM lokal melakukan ekspor ke berbagai negara, dengan fesyen muslim sebagai produk UMKM yang paling laris di pasar dunia.

Bincang-bincang Christin dengan Gita Wirjawan selengkapnya bisa disaksikan lewat video berikut.

https://money.kompas.com/read/2021/12/28/081100726/direktur-eksekutif-shopee-ungkap-umkm-mampu-rambah-pasar-ekspor

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.