Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menkes: Stok Vaksin Ada 139 Juta Dosis, Cukup Buat 3-4 Bulan

Dia menuturkan, stok tersebut cukup untuk 3-4 bulan ke depan karena laju vaksinasi mencapai 40 juta dosis per bulan.

"Jadi stok yg ada di kita sampai akhir Desember berdatangan tinggal tunggu izin-izin untuk dirilis itu 416 juta. Kita per hari ini suntik 271 juta. Jadi kita punya sekitar 139 juta per akhir Desember perkiraannya," kata Budi dalam acara Ngobrol Tempo, Selasa (28/12/2021).

Budi menuturkan, besarnya stok vaksin turut dipengaruhi oleh sumbangan vaksin dari dunia internasional. Biasanya, stok vaksin Indonesia hanya cukup untuk satu bulan, di sekitar 40-50 juta dosis.

"Ini tinggi, biasanya stok kita dijaga di satu bulan 40-50 juta. Tapi karena kemarin ada penurunan sedikit sesudah November dan kedatangan sumbangan banyak sekali, makin lama makin banyak sehingga kita agak besar stoknya," ujar Budi.

Vaksin gratis untuk 10 persen populasi tahun depan

Lebih lanjut Budi menuturkan, Indonesia akan mendapat vaksin gratis lagi dari COVID-19 Vaccines Global Access (Covax Faicility) pada tahun depan. Rencananya Covax Facility akan memberikan vaksin gratis tambahan untuk 10 persen populasi.

Budi bilang, sumbangan vaksin gratis akan lebih banyak menghemat anggaran. Apalagi saat ini muncul rencana vaksin dosis ketiga (booster) cukup hanya setengah dosis.

Efektivitasnya tengah dikonfirmasi lebih lanjut oleh ITAGI dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Jadi Indonesia tahun depan akan dapat lagi 10 persen dari populasi. Jadi kita akan dapat untuk 27 juta orang, ekuivalen sekitar 54 juta dosis. Kalau dikali dua karena setengah dosis, kita bisa suntik sebagai booster (untuk) 100 juta lebih," pungkas Budi.

https://money.kompas.com/read/2021/12/28/132538026/menkes-stok-vaksin-ada-139-juta-dosis-cukup-buat-3-4-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke