Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Negara dengan Cadangan Timah Terbesar di Dunia

Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) pernah mengungkap data terkait hal ini melalui booklet berjudul Peluang Investasi Timah Indonesia yang diterbitkan tahun 2020.

Berdasarkan data tahun 2019, bijih timah terbesar di dunia dihasilkan oleh China. Sejalan dengan itu, China juga menjadi negara dengan kepemilikan cadangan timah terbesar di dunia.

Kementerian ESDM mencatat bahwa pada 2019 total cadangan timah dunia adalah 4,74 juta ton logam. Dari jumlah tersebut, kontribusi cadangan timah China terhadap dunia mencapai 23 persen.

Cadangan timah Indonesia

Bagaimana dengan ketersediaan timah di Indonesia?

Sejalan dengan hasil produksi timah di Indonesia yang masuk terbesar ke-2 dunia, negara ini juga mencatat kepemilikan cadangan timah terbesar ke-2 di dunia.

“Indonesia memiliki cadangan timah terbesar ke-2 di dunia, artinya Indonesia berperan penting dalam penyediaan bahan baku timah dunia,” tulis booklet berjudul Peluang Investasi Timah Indonesia, dikutip pada Selasa (28/12/2021).

Cadangan timah Indonesia adalah 800.000 ton logam. Indonesia berkontribusi sebesar 17 persen terhadap cadangan timah dunia.

Berikut daftar negara yang memiliki cadangan timah terbesar di dunia:

Produsen timah terbesar dunia

Booklet Peluang Investasi Timah Indonesia yang diterbitkan Kementerian ESDM tersebut menyebut, produksi timah dunia pada tahun 2019 mencapai 353.554 ton.

Dari jumlah tersebut, China berkontribusi sebesar 47 persen terhadap total produksi timah dunia. Ini menjadikan China sebagai negara penghasil timah terbesar di dunia.

Adapun Indonesia merupakan negara penghasil timah terbesar kedua di dunia. Produksi timah Indonesia setara 22 persen dari total produksi timah dunia.

“Pada tahun 2019 Indonesia produsen logam timah terbesar ke-2 dunia,” tulis booklet Peluang Investasi Timah Indonesia yang diterbitkan Kementerian ESDM.

Pada halaman lain dokumen tersebut, terungkap bahwa China memproduksi 166.600 ton timah, di atas Indonesia pada urutan kedua dengan hasil produksi 78.189 ton timah.

Capaian Indonesia ini sekaligus menjadikan negeri ini sebagai negara penghasil timah terbesar di ASEAN, karena menjadi produsen timah terbesar di Asia Tenggara.

“Indonesia berperan penting dalam penyediaan bahan baku timah dunia. Produksi timah Indonesia terbesar ke-2 di dunia,” tegas dokumen tersebut.

Lebih lanjut, berikut termasuk negara penghasil timah adalah:

https://money.kompas.com/read/2021/12/28/160038426/daftar-negara-dengan-cadangan-timah-terbesar-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke