Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keuntungan MEA Bagi Indonesia Adalah Meningkatkan Perekonomian

KOMPAS.com - MEA adalah singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN dibentuk untuk mewujudkan intergrasi ekonomi negara anggota ASEAN. Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?

Negara ASEAN kaya akan komoditas sumber daya alam berupa energi, mineral, dan tanaman pangan. Jumlah penduduk ASEAN besar, yakni 655,51 juta jiwa di mana mayoritasnya adalah usia produktif.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi rata-rata negara ASEAN besar, rata-rata 5-6 persen per tahun. Hal inilah yang mendorong kerja sama antar anggota ASEAN yang terhimpun dalam MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Para pemimpin ASEAN sempat memberlakukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 agar daya saing ASEAN meningkat sehingga dapat menarik investasi asing.

Penanaman modal asing ini merupakan salah satu keuntungan MEA bagi Indonesia adalah sangat dibutuhkan agar dapat meningkatkan lapangan kerja dan kesejahteraan rakyat anggota negara ASEAN.

Dengan dibentuknya MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN, akan memungkinkan antar negara ASEAN menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara lain.

Kerja sama anggota ASEAN dalam MEA ini meliputi sektor transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, e-commerce, energi, pangan, pertanian, dan kehutanan, pariwisata, kesehatan, mineral, serta ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Mengutip situs resmi MEA, MEA memiliki empat karakteristik seperti yang termuat dalam dokumen Blueprint yang disepakati saat Pertemuan ke-38 ASEAN Economic Ministers Meeting pada 2006, yaitu:

  • Pasar tunggal dan basis produksi.
  • Kawasan ekonomi yang berdaya saing tinggi.
  • Kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata. Kawasan yang terintegrasi penuh dengan ekonomi global.

Jika sudah mengerti MEA adalah singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN, tujuan MEA, dan karakteristik MEA, mari lanjut ke pembahasan apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya.

Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?

Salah satu keuntungan MEA bagi Indonesia adalah MEA memberikan berbagai kesempatan dan peluang yang bisa digunakan semaksimal mungkin. Pasalnya, jumlah penduduknya besar sehingga akan meningkatkan daya beli di kalangan masyarakat ASEAN.

Berikut apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya dikutip dari Grid.id dan Tribunnews:

Keuntungan negara bertambah

Salah satu keuntungan MEA bagi Indonesia adalah dapat menambah laba negara karena bebas biaya ekspor ke sesama anggota ASEAN.

Hal ini membuat apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya adalah margin pendapatan negara jadi lebih besar sehingga laba yang didapatkan juga besar.

Kegiatan ekspor lancar

Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya adalah kegiatan ekspor antar negara ASEAN menjadi lebih mudah dan lancar.

Pasalnya, dengan adanya MEA, bea cukai produk antar negara ditiadakan sehinggi pengiriman barang tidak tertunda akibat proses bea cukai.

Salah satu keuntungan MEA bagi Indonesia adalah barang asal Indonesia lebih cepat sampai sehingga kualitasnya masih terjamin baik. Ini menguntungkan ekspor produk perkebunan dan perikanan.

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

MEA juga mendukung program pertukaran tenaga kerja dari berbagai negara. Oleh karenanya, salah satu keuntungan MEA bagi Indonesia adalah pemenuhan kerja bagi tenaga kerja jadi lebih luas.

Hal ini tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat seiring tersalurkannya tenaga kerja ke pekerjaan yang memadai.

Investasi asing meningkat

Dengan meningkatnya daya saing anggota MEA, maka akan memancing investasi asing masuk dari investor berbagai negara.

Dengan demikian, apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya adalah perusahaan dan bisnis kecil mendapatkan suntikan dana asing.

Industri kreatif semakin berkembang

Salah satu keuntungan MEA bagi Indonesia adalah berkembangnya industri kreatif karena MEA juga menyasar UMKM.

Sebab, agar industri Indonesia dapat bertahan di tengah daya saing antar negara ASEAN maka dibutuhkan produk yang kreatif dan inovatif yang didukung oleh tenaga kerja yang kompeten.

Demikian penjelasan apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya adalah agar mudah dimengerti untuk bahan pembelajaran. Kesimpulannya, salah satu keuntungan MEA bagi Indonesia adalah memajukan perekonomian.

https://money.kompas.com/read/2021/12/30/071500326/keuntungan-mea-bagi-indonesia-adalah-meningkatkan-perekonomian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke