Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek BPOM Melalui Website dan Aplikasi BPOM Mobile

KOMPAS.com - Cek BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan penting dilakukan untuk mencari informasi tentang produk kosmetik, obat, dan makanan. Sebab, banyak produk berbahaya tidak terdaftar BPOM cek atau cek nomor BPOM nya palsu.

BPOM adalah lembaga yang bertugas mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia. Pengawasan cek produk BPOM bertujuan untuk mengetahui bahan, manfaat, dan dampak produk bagi kesehatan.

Mengutip Kompaspedia, obat dan makanan yang dimaksud berupa obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekusor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan. 

Pada era jual beli online di e-commerce ini banyak beredar produk-produk kosmetik, obat, dan makanan berbahaya yang dapat merusak tubuh jika dikonsumsi terus-menerus.

Oleh karenanya, meski produk mengklaim sudah terdaftar BPOM, tidak ada salahnya untuk cek nomor BPOM tersebut di situs resmi cek BPOM atau aplikasi BPOM cek.

Sebab, jika diperhatikan dengan jeli di e-commerce banyak penjual kosmetik dan obat berbahaya yang memalsukan cek nomor BPOM produknya agar pembeli percaya produk tersebut aman padahal kenyataannya mengandung bahan berbahaya.

Fitur cek BPOM ini akan menampilkan nomor registrasi setiap produk kosmetik, obat, dan makanan yang terdaftar dan diawasi BPOM cek. Jadi saat menggunakan cek produk BPOM dan halaman pencarian memuat daftar produk tersebut maka produk yang di cek BPOM telah terdaftar dan aman digunakan.

Pada cara cek BPOM ini akan muncul keterangan pihak pendaftar, jenis produk, merek, dan nama produk yang bisa dicocokan dengan produk yang di cek nomor BPOM.

Cara cek BPOM online melalui laman resmi cek produk BPOM sebagai berikut:

Kemudian, cara cek produk BPOM via aplikasi BPOM cek akan jauh lebih mudah dari cara cek BPOM via website. Pasalnya, pengguna hanya perlu unduh aplikasi BPOM cek melalui ponselnya di Google Play Store maupun App Store.

Adapun cara cek BPOM melalui aplikasi sebagai berikut:

Apabila setelah cek BPOM dan halaman tidak menampilkan rincian produk yang dimaksud, maka segera laporkan produk tersebut dengan cara menghubungi contact center BPOM di nomor telepon 1500533, SMS 081 21 9999 533, email halobpom@pom.go.id, atau sosial media Twitter di @HaloBPOM1500533.

Demikian cara cek BPOM melalui situs resmi cek produk BPOM ataupun aplikasi cek nomor BPOM. Meskipun sedikit ribet, tapi alangkah baiknya jika setiap produk kosmetik, obat, dan makanan yang akan digunakan di BPOM cek terlebih dulu supaya terjamin keamanannya.

https://money.kompas.com/read/2021/12/30/124317126/cara-cek-bpom-melalui-website-dan-aplikasi-bpom-mobile

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke