Salin Artikel

Daftar Nama Maskapai Penerbangan di Indonesia

KOMPAS.com - Ada banyak maskapai penerbangan Indonesia seperti maskapai penumpang, kargo, dan maskapai penerbangan internasional di Indonesia. Mari kupas tuntas daftar nama maskapai penerbangan di Indonesia.

Istilah maskapai berasal dari bahasa Belanda yaitu Maatschappij yang artinya perusahaan. Sedangkan penerbangan berarti proses, cara, atau perbuatan menerbangkan.

Maskapai penerbangan Indonesia adalah perusahaan yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang yang beroperasi di Indonesia.

Umumnya maskapai penerbangan Indonesia menyewa atau membeli pesawat terbang untuk menyediakan jasa penerbangan.

Lantas, apa saja nama maskapai penerbangan di Indonesia?

Maskapai penerbangan Indonesia khusus penumpang

Maskapai penumpang adalah penyedia layanan transportasi udara khusus mengangkut penumpang. Maskapai penerbangan Indonesia khusus penumpang umumnya melakukan perjalanan antar kota dan negara.

Nama maskapai penerbangan di Indonesia khusus penumpang tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Bahkan mungkin pernah digunakan oleh masyarakat untuk sarana berpergian.

Berikut daftar 23 nama maskapai penerbangan Indonesia khusus penumpang yang masih beroperasi, dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara:

Maskapai penerbangan Indonesia untuk kargo

Selain untuk mengangkut penumpang, nama maskapai penerbangan di Indonesia juga ada yang khusus mengangkut kargo atau barang.

Di era digital ini permintaan pengiriman barang meningkat pesat seiring budaya masyarakat Indonesia yang mulai senang berbelanja online. Membuat maskapai penerbangan Indonesia untuk kargo banyak diminati.

Beberapa maskapai kargo merupakan divisi atau subsidiari dari maskapai induknya. Berikut 53 nama maskapai penerbangan di Indonesia, yakni:

Maskapai penerbangan internasional di Indonesia

Kemudian di Indonesia juga beroperasi 56 maskapai penerbangan internasional di Indonesia yang asal asing. Masuknya maskapai asing di Indonesia ini bertujuan menurunkan harga tiket pesawat dalam negeri.

Sebab, beberapa waktu lalu harga tiket pesawat di Indonesia melambung tinggi. Oleh karenanya, jika maskapai penerbangan internasional di Indonesia bertambah dengan masuknya maskapai asing diharapkan harga tiket akan makin kompetitif.

Berikut deretan maskapai penerbangan internasional di Indonesia, yakni:

  • Qatar Airways
  • Federal Express
  • Airasia X Berhad
  • Air China
  • Philipine Airasia Inc
  • Vietjet Aviation Joint Stock Company
  • Ethiopian Airlines Group
  • Rossiya Airlines
  • Uzbekistan Airways
  • Shandong Airlines
  • Cargolux Airlines International S.A.
  • Terraavia

Demikian deretan nama maskapai penerbangan di Indonesia yang masih beroperasi, termasuk maskapai penerbangan internasional di Indonesia. Ternyata jenis maskapai penerbangan Indonesia ada maskapai penumpang dan kargo.

https://money.kompas.com/read/2021/12/30/154240326/daftar-nama-maskapai-penerbangan-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.