Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Ajukan KUR Bank Mandiri? Ini Syarat, Ketentuan dan Bunganya

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak program pembiayaan yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha. Misalnya, program kredit usaha rakyat (KUR). KUR adalah program kredit yang mendapatkan fasilitas subsisi dari pemerintah, salah satunya yakni KUR Mandiri atau KUR Bank Mandiri.

Mengutip dari laman kur.ekon.go.id, KUR adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). KUR ini disalurkan melalui lembaga keuangan dan perbankan termasuk bank Mandiri (KUR Mandiri).

Program KUR (KUR Mandiri) dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Baru-baru ini, pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM memutuskan untuk menaikan plafon KUR pada tahun 2022 menjadi Rp 373,17 triliun. Pemerintah juga memutuskan untuk mempertahankan suku bunga KUR (termasuk KUR Mandiri) tahun 2022 di level 6 persen.

Peningkatkan plafon KUR 2022 untuk bank BUMN ini dilakukan untuk menambah kuota KUR lembaga penyalur. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sendiri menjadi salah satu bank penyalur terbesar. Lalu apa saja syarat KUR Mandiri (KUR Bank Mandiri).

Dikutip dari laman resminya, bankmandiri.co.id, KUR adalah kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada UMKM yang feasible tapi belum bankable.

Pinjaman KUR Mandiri bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan Bank kepada UMKM produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM, mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, serta menanggulangi kemiskinan.

Jenis KUR Mandiri

Ada 5 jenis KUR Mandiri (KUR Bank Mandiri) yang tersedia. Berikut rinciannya:

1. KUR Super Mikro

KUR Super Mikro adalah pembiayaan dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 10 juta per debitur dan jangka waktu. Jenis KUR Mandiri ini untuk Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun

2. KUR Mikro

Sedangkan KUR Mikro adalah pembiayaan dengan limit kredit di atas Rp 10 Juta, maksimal sampai dengan Rp 50 juta per debitur dan jangka waktu Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun.

3. KUR Kecil

KUR Kecil adalah pembiayaan dengan limit kredit di atas Rp 50 juta sampai dengan maksimal Rp 500 juta per debitur, dan jangka waktu Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 4 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun.

4. KUR Penempatan TKI

Limit kredit maksimal jenis KUR Penempatan TKI adalah sampai dengan Rp 25 juta per debitur dengan jangka waktu paling lama sama dengan masa kontrak kerja dan tidak melebihi jangka waktu paling lama 3 tahun.

5. KUR Khusus

Limit KUR Khusus sampai dengan Rp 500 juta diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk klaster dengan menggunakan mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat, industri UMKM atau komoditas sektor produktif lain yang bisa dikembangkan menjadi KUR Khusus.

Adapun jangka waktu KUR Khusus untuk Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 4 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun.

Jika ketentuan di atas sudah terpenuhi, maka calon debitur dapat mengajukan KUR Mandiri. Selanjutnya menyiapkan beberapa dokumen persyaratan.

Persyaratan Dokumen Pengajuan KUR Mandiri

  • Aplikasi Permohonan Kredit
  • Foto copy E-KTP, KK, Surat Nikah/ cerai (bagi yang sudah menikah/cerai)
  • Pas foto terbaru calon debitur dan pasangan
  • Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)/ Surat keterangan domisili usaha/ Surat keterangan usaha lainnya.
  • NPWP (apabila limit kredit di atas Rp 50 Juta)

Adapun untuk jenis KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus, persyaratan dokumen lainya adalah Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha Mikro dan Kecil yang diterbitkan oleh RT/RW, kelurahan/desa, atau pejabat yang berwenang dan/atau surat keterangan yang dipersamakan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara, persyaratan dokumen untuk jenis KUR penempatan TKI adalah sebagai berikut:

  • Perjanjian penempatan Pekerja Migran Indonesia yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia.
  • Perjanjian Kerja dengan pengguna bagi Pekerja Migran Indonesia baik yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia, Pemerintah atau Pekerja Migran Indonesia yang bekerja secara perseorangan.

Itulah informasi seputar KUR Mandiri (KUR Bank Mandiri) serta ketentuan umum dan persyaratan dokumen untuk pengajuannya. Adanya variasi jenis KUR Mandiri, calon debitur dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Anda juga dapat meminta informasi lebih detail dan mengajukan KUR Mandiri ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

https://money.kompas.com/read/2021/12/31/055622026/mau-ajukan-kur-bank-mandiri-ini-syarat-ketentuan-dan-bunganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke