Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun 2022, Mitratel Bakal Makin Gencar Akuisisi

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko mengungkapkan, di tahun depan MTEL akan semakin gencar lakukan akuisisi untuk dorong pertumbuhan In-Organik, baik konsolidasi menara dalam group maupun dari potensi konsolidasi industri di Indonesia.

“Permintaan akan pembangunan menara (Built to Suit) dan kolokasi dari Mobile Operator yang tinggi di dukung oleh tersedianya ruang pertumbuhan In-Organik melalui akuisisi, baik konsolidasi menara dalam group maupun dari potensi konsolidasi industri di Indonesia,” kata Theodorus melalui siaran pers, Kamis (30/12/2021).

Theodorus mengatakan, potensi pertumbuhan tersebut ditopang oleh masih tingginya peluang bisnis penyewaan menara telekomunikasi di Indonesia. Terlebih, MTEL saat ini dalam pengembangan bisnis organik yakni B2S dan kolokasi baru dari operator jaringan seluler (MNO) dengan menambah kapasitas dan coverage.

“Pengembangan jaringan telekomunikasi masih sangat menjanjikan, kami memiliki competitive advantages yaitu 58 persen menara berada di luar Jawa dan potensi lainnya, hasil akuisisi menara dari Telkomsel tahun sebelumnya yang dapat dimanfaatkan oleh operator telekomunikasi lain untuk memperluas jangkauan jaringannya," ucapnya dia.

Seperti diketahui, Mitratel tercatat sebagai perusahaan penyedia infrastruktur menara telekomunikasi yang memiliki sekitar 28.030 menara yang tersebar di seluruh Indonesia pada lokasi-lokasi strategis dan 42.016 penyewa.

Theodorus mengungkapkan, pertumbuhan In-Organik Mitratel didukung kemampuan pendanaan pasca IPO dimana Perseroan mendapatkan suntikan dana lebih dari Rp 18 triliun serta leverage dan biaya hutang (cost of debt) terendah dibanding operator lainnya.

Di sisi lain, optimisme pertumbuhan kinerja ini tidak terlepas dari pencapaian perusahaan di tahun ini. Pada kuartal III tahun 2021, revenue perseroan tumbuh 14,6 persen menjadi Rp 5 triliun, Ebitda tumbuh 28,3 persen mencapai Rp 3,8 triliun dan Net Income tumbuh 246,4 persen menjadi lebih dari Rp 1 triliun.


Theodorus menjelaskan, di kuartal III MTEL berhasil menambah portfolio menara melalui inorganic dari Telkomsel 4.000 menara dan Telkom 798 menara sehingga total portfolio menara menjadi 28.079 sites atau tumbuh 72,9 persen dengan 42.137 tenant atau tenancy ratio 1.5x. Rendahnya tenancy ratio ini terjadi akibat pembelian menara yang sebelumnya terbatas untuk 1 operator.

“Kami sangat siap menghadapi New Journey sebagai Perusahaan Publik, bukan hanya transparan dan menjaga Good Corporate Governance tetapi juga professional, independen dan efisien memanfaatkan hasil IPO untuk tumbuh agressif," ujar dia.

Di tahun depan, MTEL akan fokus pada empat pilar, pertama, pertumbuhan organik yang lebih aggresif, baik membangun baru maupun menambah kolokasi untuk seluruh operator. Kedua, melanjutkan agresivitas aksi in-Organic Growth dengan konsolidasi lanjutan Menara Telkom Group maupun dari konsolidasi di market domestic.

Ketiga, ekspansi ke layanan baru dengan membangun kapabilitas menuju digital Infrastructure company. Baik berupa fiberisasi menara melalui membangun, partnership B2B, wholesale agreement, maupun akuisisi. Terakhir, continues improvement untuk mendorong efisiensi yang lebih baik untuk O&M, Capex maupun operasional dengan integration system IT (digitalisasi) dan managemen asset.

"Mitratel independen dalam mengoptimalkan portfolio menara yang tersebar di Indonesia di lokasi yang strategis khususnya menara yang telah diakuisisi dari Telkomsel untuk dapat dimanfaatkan oleh operator lain seperti EXCL, ISAT dan FREN," kata dia.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2021/12/31/075000926/tahun-2022-mitratel-bakal-makin-gencar-akuisisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke