Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Daerah yang Memiliki Cadangan Batu Bara Terbesar di Indonesia

Pasalnya, pertanyaan terkait hal ini kerap mencuat di kalangan pembaca yang penasaran cadangan batu bara terbesar di indonesia terdapat di daerah mana.

Potensi cadangan batu bara di Indonesia banyak ditemukan di pulau apa? Batu bara banyak terdapat di pulau apa? Bagaimana persebaran batu bara di Indonesia?

Itu hanya sebagian contoh pertanyaan. Ada pula yang bertanya, berapa sumber daya dan cadangan batu bara Indonesia di tahun 2020? Berapa cadangan batu bara di Indonesia?

Karena itu, artikel ini akan menjawab sederet pertanyaan tersebut dengan menyajikan informasi seputar daerah dengan cadangan batu bara terbesar di Indonesia.

Pulau dengan cadangan batu bara terbesar

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin pernah menyampaikan penjelasan tentang sumber daya dan cadangan batu bara Indonesia.

Ia mengemukakan bahwa total cadangan batu bara Indonesia saat ini mencapai 38,8 miliar ton. Selain cadangan batu bara, masih ada juga sumber daya batu bara yang tercatat sebesar 143,7 miliar ton.

Dengan rata-rata produksi batu bara sebesar 600 juta ton per tahun, maka umur cadangan batu bara Indonesia masih 65 tahun apabila diasumsikan tidak ada temuan cadangan baru.

"Batu bara kita masih banyak. Kita punya 65 tahun umur cadangan. Sebagian besar ada di Kalimantan dan Sumatera," kata Ridwan dalam sebuah keterangan resminya, dikutip pada Minggu (2/1/2022).

Lebih lanjut Ridwan menuturkan, Kalimantan menyimpan 62,1 persen dari total potensi cadangan dan sumber daya batubara terbesar di Indonesia.

Artinya, cadangan batu bara di Indonesia banyak ditemukan di Pulau Kalimantan. Pulau tersebut memiliki 88,31 miliar ton sumber daya batu bara dan 25,84 miliar ton cadangan batu bara.

Selain Kalimantan, batu bara banyak terdapat di Pulau Sumatera. Pulau tersebut punya potensi tinggi dengan 55,08 miliar ton sumber daya batu bara dan 12,96 miliar ton cadangan batu bara.

"Mau tidak mau masih menjadi andalan Indonesia dalam penyediaan energi dengan harga terjangkau," jelas Ridwan.

Adapun berdasarkan Handbook of Energy and Economic Statistics of Indonesia 2020, daerah dengan cadangan batu bara terbesar di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Kalimantan Timur
  2. Sumatera Selatan
  3. Kalimantan Selatan
  4. Kalimantan Tengah
  5. Jambi
  6. Kalimantan Utara
  7. Aceh
  8. Riau
  9. Bengkulu
  10. Sumatera Barat

Perincian data cadangan batu bara terbesar

Lebih lanjut, berikut ini informasi selengkapnya seputar sumber daya dan cadangan batu bara Indonesia pada masing-masing provinsi yang memiliki cadangan batu bara terbesar di Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2022/01/02/195746326/daftar-daerah-yang-memiliki-cadangan-batu-bara-terbesar-di-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke