Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips dan Trik 7 Contoh Soal Psikotes Kerja

KOMPAS.com - Psikotes adalah salah satu tahap seleksi kerja yang kerap diterapkan oleh perusahaan swasta dan negeri, kementerian, hingga TNI Polri. Apa saja contoh soal psikotes kerja?

Contoh soal psikotes adalah rangkaian pertanyaan tes tertulis baik secara visual maupun verbal yang dilakukan oleh psikolog untuk bisa mengetahui karakter calon pegawai yang melamar kerja.

Cara mengerjakan contoh soal psikotes kerja saat ini juga bisa dilakukan secara offline maupun online. Namun tes psikotes online tetap tidak mengurangi tujuan dari tes psikotes kerja ini karena peserta tidak akan bisa mencurangi tes piskotes online ini.

Pasalnya, yang dilihat dari contoh soal psikotes kerja ini adalah konsistensi calon pegawai saat menjawab soal psikotes kerja.

Namun perlu diingat, dalam mengerjakan contoh soal psikotes kerja tidak ada benar atau salah tapi hanya cocok atau tidaknya seorang karyawan untuk bekerja dengan kebutuhan perusahaan dan pekerjaan yang dilamar.

Sebab, fungsi tes psikotes adalah memang untuk mengukur psikis dan karakter seseorang bukan kemampuan akademisnya. Jadi pastikan untuk memahami soal psikotes dengan baik sebelum mengerjakannya.

Contoh soal psikotes kerja

Umumnya ada tujuh contoh soal psikotes kerja yang diberikan saat seleksi melamar kerja. Setiap jenis contoh soal psikotes kerja memiliki instruksi pengerjaan dan durasi mengerjakan masing-masing.

Supaya persiapan lebih matang untuk mengerjakan tes psikotes, ada baiknya mempelajari dulu jenis psikotes di bawah ini. Sekaligus tips dalam menjawab tiap contoh soal psikotes kerja dilansir dari Gramedia Blog:

1. Soal psikotes kemampuan verbal

Psikotes kemampuan verbal bertujuan mengetahui kemampuan dalam menghadapi situasi tertentu. Contoh soal psikotes kerja ini juga bisa melihat seberapa jauh calon pegawai menebak dan memahami sebab-akibat dari seuah permasalahan.

Soal psikotes kemampuan verbal ini berupa sinonim atau persamaan kata, antonim atau lawan kata, analogi, dan korelasi makna. Oleh karenanya, untuk menjawab psikotes adalah ini perlu mngetahui banyak kosakata dan artinya.

Umumnya psikotes verbal terdiri dari 40 soal campuran berisi antonim, sinonim, dan analog dari suatu kata. Untuk mengerjakan tes psikotes adalah ini, harus bisa memainkan logika dan berkonsentrasi tinggi agar bisa mengerjakannya dengan baik.

Dalam jenis contoh soal psikotes kerja verbal ini, bisa dikerjakan dari soal yang paling mudah terlebih dahulu. Dengan demikian, bisa mengerjakan lebih banyak soal dengan benar.

2. Soal psikotes wartegg

Soal psikotes yang ditemukan psikolog Jerman, Ehrig Wartegg ini berfungsi mengetahui karakter yang ada di dalam diri seseorang. Misalnya kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi, dan kemauan dalam bekerja.

Contoh soal psikotes kerja wartegg ini berisi delapan kotak yang memiliki pola yang berbeda. Cara mengerjakannya, calon pegawai harus menggambar melanjutkan pola yang sudah ada di setiap kotak dan menulis urutan pengerjaan kotak.

3. Soal psikotes logika aritmatika

Pada contoh soal psikotes kerja logika aritmatika, berupa deretan angka yang harus dipahami polanya. Kemudian, calon pegawai harus mencari tahu angka selanjutnya dengan benar.

Diperlukan konsentrasi yang tinggi untuk mengerjakan soal psikotes adalah ini. Sebeb, deret angka bisa dipecahkan dengan berbagai cara seperti pembagian, perkalian, pengurangan, penjumlahan, pecahan angka, dan persentase.

Trik untuk mengerjakan psikotes adalah melihat dengan cermat pola angkanya yang bisa berupa pengelompokan loncat, urutan, maupun pengelompokan secara berurutan. Ingat,  jangan terlalu terfokus pada beberapa angka yang ada di depan.

Dalam mengerjakancontoh soal psikotes kerja logika aritmatika, calon pegawai harus bisa membatasi waktu mengerjakan satu soal. Jangan terlalu fokus pada satu soal agar bisa mengerjakan soal lain yang lebih mudah.

4. Soal psikotes gambar atau logika deret gambar

Psikotes logika deret gambar ini memiliki konsep seperti tes logika aritmatika tapi di tes ini penggunaan media gambarnya dua atau tiga dimensi.

Cara mengerjakan tes psikotes gambar ini adalah berkonsentrasi agar dapat mengetahui pola gambarnya. Jangan lewatkan detail sekecil apapun seperti penempatan titik atau perputaran warna.

Umumnya, penguji psikotesa adalah akan memberikan instruksi pengerjaan soal sebanyak satu kali. Jadi sebisa mungkin mendengarkan dan memahami instruksi yang diberikan dengan baik.

Jenis psikotes gambar ini berguna untuk mengukur kemampuan daya tangkap calon pegawai dalam memahami dan melaksanakan perintah, menganalisa masalah, dan kecepatan dalam mengambil keputusan.

5. Soal psikotes Kraeplien/Pauli atau koran

Nama psikotes adalah ini lebih populer disebut tes koran karena kertas tesnya lebar seperti kertas koran. Cara mengerjakan contoh soal psikotes kerja ini cukup sederhana karena hanya perlu menjumlahkan deret angka secara runtut dari atas ke bawah.

Namun, deret angka yang harus dijumlahkan ini sangat banyak sehingga membuat calon pekerja cukup kelelahan dan menguras konsentrasi. Pasalnya, tujuan dari tes ini untuk melihat kecepatan, konsistensi, dan ketelitian seseorang.

Oleh karenanya, saat menegerjakan contoh soal psikotes kerja usahakan jangan sampai salah menjumlahkan dan tetap konsisten pada deret mana angka yang berhasil dijumlahkan di setiap barisnya agar terlihat sama.

Cara mengerjakannya, jumlahkan tiap dua angka ke bawah dan tulis hasil penjumlahan di sebelah kanannya di tengah angka yang dijumlahkan. Angka hasil penjumlahan hanya ditulis angka yang belakangnya saja bila hasilnya dua digit seperti 18 hanya ditulis 8.

Terus jumlahkan angka sampai penguji menyuruh berhenti dan jumlahkan deret angka di baris berikutnya dan seterusnya sampai selesai.

Dalam mengerjakan contoh soal psikotes kerja ini, kuncinya adalah kerjakan dengan tempo sendiri. Maksudnya, jangan terpengaruh dengan cara mengerjakan orang lain karena bisa membuat panik dan tertekan.

6. Soal psikotes gambar, gambar orang psikotes, atau gambar pohon psikotes

Pada psikotes gambar ini, penguji akan meminta untuk gambar pohon psikotes atau gambar orang psikotes di kertas kosong. Psikotes gambar tidak perlu bagus atau indah karena yang dinilai bukan hal itu.

Namun, dalam gambar pohon psikotes tidak diperkenankan menggambar pohon kelapa dan tumbuhan berukuran kecil. Gambar pohon psikotes yang dibuat harus pohon yang memiliki ranting.

Gambar orang psikotes juga tidak perlu sesempurna mungkin, tapi gambar orang psikotes dengan proporsional yaitu memiliki anggota tubuh yang lengkap dan komposisi wajah seimbang.

Psikotes gambar ini bertujuan mengetahui seberapa besar rasa percaya diri seseorang, stabilitas, dan tanggung jawab dalam bekerja.

Cara mengerjakan tes ini, gambar sesuatu yang sesuai kepribadian. Misalnya jika kamu seorang perempuan maka gambar orang psikotes manusia perempuan.

7. Soal psikotes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Tes psikotes EPPS merupakan tes psikotes adalah yang paling mudah dikerjakan. Tujuan dari tes psikotes ini untuk mengetahui bagaimana kepribadian dan karakter seseorang secara detail.

Hal yang dinilai dari tes psikotes adalah ini konsistensi calon pegawai dalam menjawab contoh soal psikotes kerja yang diberikan. Usahakan jawab semua pertanyaan contoh soal psikotes kerja meskipun tidak sesuai dengan kepribadian kamu.

Dalam contoh soal psikotes kerja ini akan ada banyak pertanyaan yang diulang-ulang yang akan mendeteksi apakah calon pegawai menjawab soal dengan jujur dan konsisten atau tidak.

Selain itu, tes contoh soal psikotes kerja ini akan menyocokkan kepribadian calon pegawai dengan pekerjaan yang dilamar. Dengan demikian, tes contoh soal psikotes kerja juga digunakan untuk menilai sikap kerja calon pegawai nanti.

Demikian tujuh jenis contoh soal psikotes kerja yang beragam jenis dan cara pengerjaannya seperti psikotes gambar yang bisa berupa gambar orang psikotes dan gambar pohon psikotes. Diharapkan dapat memudahkan untuk menjawab soal psikotes adalah saat proses seleksi kerja.

https://money.kompas.com/read/2022/01/03/150000026/tips-dan-trik-7-contoh-soal-psikotes-kerja

Terkini Lainnya

Harga Bahan Pokok Sabtu 20 April 2024, Harga Ikan Tongkol Naik

Harga Bahan Pokok Sabtu 20 April 2024, Harga Ikan Tongkol Naik

Whats New
Aliran Modal Asing Keluar Rp 21,46 Triliun dari RI Pekan Ini

Aliran Modal Asing Keluar Rp 21,46 Triliun dari RI Pekan Ini

Whats New
Kementerian PUPR Buka 26.319 Formasi CPNS dan PPPK 2024, Ini Rinciannya

Kementerian PUPR Buka 26.319 Formasi CPNS dan PPPK 2024, Ini Rinciannya

Whats New
[POPULER MONEY] Kartu Prakerja Gelombang 66 Dibuka | Luhut dan Menlu China Bahas Kelanjutan Kereta Cepat Sambil Makan Durian

[POPULER MONEY] Kartu Prakerja Gelombang 66 Dibuka | Luhut dan Menlu China Bahas Kelanjutan Kereta Cepat Sambil Makan Durian

Whats New
Ada Konflik di Timur Tengah, RI Cari Alternatif Impor Migas dari Afrika dan Amerika

Ada Konflik di Timur Tengah, RI Cari Alternatif Impor Migas dari Afrika dan Amerika

Whats New
Langkah PAI Jawab Kebutuhan Profesi Aktuaris di Industri Keuangan RI

Langkah PAI Jawab Kebutuhan Profesi Aktuaris di Industri Keuangan RI

Whats New
Akar Masalah BUMN Indofarma Belum Bayar Gaji Karyawan

Akar Masalah BUMN Indofarma Belum Bayar Gaji Karyawan

Whats New
Nestapa BUMN Indofarma, Sudah Disuntik APBN, Masih Rugi

Nestapa BUMN Indofarma, Sudah Disuntik APBN, Masih Rugi

Whats New
Tol Japek II Selatan Diyakini Jadi Solusi Kemacetan di KM 66

Tol Japek II Selatan Diyakini Jadi Solusi Kemacetan di KM 66

Whats New
Punya Gaji Tinggi, Simak Tugas Aktuaris di Industri Keuangan

Punya Gaji Tinggi, Simak Tugas Aktuaris di Industri Keuangan

Whats New
Nasib BUMN Indofarma: Rugi Terus hingga Belum Bayar Gaji Karyawan

Nasib BUMN Indofarma: Rugi Terus hingga Belum Bayar Gaji Karyawan

Whats New
Pembatasan Pembelian Pertalite dan Elpiji 3 Kg Berpotensi Berlaku Juni 2024

Pembatasan Pembelian Pertalite dan Elpiji 3 Kg Berpotensi Berlaku Juni 2024

Whats New
OJK Sebut 12 Perusahaan Asuransi Belum Punya Aktuaris

OJK Sebut 12 Perusahaan Asuransi Belum Punya Aktuaris

Whats New
OJK Cabut Izin Usaha BPR Syariah Saka Dana Mulia di Kudus

OJK Cabut Izin Usaha BPR Syariah Saka Dana Mulia di Kudus

Whats New
Ada Indikasi TPPU lewat Kripto, Indodax Perketat Pengecekan Deposit

Ada Indikasi TPPU lewat Kripto, Indodax Perketat Pengecekan Deposit

Whats New
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke