Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut Ajak Kawan-kawan Sekaliber Rachmat Kaimuddin Gabung di Pemerintahan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak orang-orang yang berprestasi untuk mengabdikan diri kepada negara atau bergabung di pemerintahan.

Ajakan ini seiring bergabungnya mantan Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk, Rachmat Kaimuddin di Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi sejak hari ini, sebagai Penasehat Khusus Luhut di bidang Pengembangan Teknologi Berkelanjutan.

"Untuk itu, saya juga mengundang teman-teman sekaliber Rachmat Kaimuddin ini untuk mau bergabung di pemerintah, memberikan sumbangan pemikiranmu. Karena kalian itu pahlawan-pahlawan yang menurut saya yang membawa perubahan untuk negeri ini," ajak Luhut melalui konferensi pers virtualnya, Senin (3/1/2022).

Luhut berkali-kali memuji Rachmat Kaimuddin yang mau melepas jabatan Dirutnya di Bukalapak. Sebelum bergabungnya Rachmat menjadi pegawai di lingkungan Kemenko Marves, eks Kepala Staf Presiden ini juga melakukan interview.

"Itu saya bangga sekali melihat Saudara Rachmat berani dan mau meninggalkan kenyamanan di private sector. Saya interview dia, dan dia siap untuk mengabdikan dirinya di pemerintah," ucapnya.

Profil serta Prestasi Rachmat Kaimuddin

Prestasi Rachmat Kaimuddin sendiri telah mengantarkan Bukalapak.com sebagai perusahaan unicorn pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu, latar belakang pendidikannya memperoleh gelar Bachelor of Science dari Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, MA, dan Master of Business Administration dari Stanford University, California, Amerika Serikat.

Dia merupakan pria kelahiran asal Makassar, Sulawesi Selatan pada 15 April 1979. Ia menjabat sebagai CEO Bukalapak sejak 6 Januari 2021 menggantikan posisi Achmad Zaky.

Pada 2012, Rachmat Kaimuddin dipercaya menjadi Penasehat Dewan Direksi PT Toba Bara Sejahtera Tbk, perusahaan yang di dalamnya ada kepemilikan saham Luhut.

Dari 2012 hingga 2014, ia duduk sebagai Wakil Presiden Baring Private Equity Asia, perusahaan ekuitas privat yang relatif baru beroperasi di Indonesia. Setelah itu, ia bergabung dengan perusahaan Bosowa Group, milik Aksa Mahmud sejak Juni 2014 hingga Juni 2018.

Selama di Bosowa, ia menjadi Direktur PT Bosowa Corporindo. Ia juga merangkap sebagai Komisaris Bank Bukopin dan Managing Director PT Semen Bosowa Maros (sejak November 2016). Pada Mei 2018, setelah empat tahun menjabat Komisaris Bank Bukopin, ia dipromosikan menjadi Direktur Keuangan dan Perencanaan.

https://money.kompas.com/read/2022/01/03/165933626/luhut-ajak-kawan-kawan-sekaliber-rachmat-kaimuddin-gabung-di-pemerintahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke