Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Kementerian ATR/BPN Sebut Mafia Tanah Banyak Dibebaskan Hakim | Mantan Bos Bukalapak Direkrut Luhut

Kemeterian Agraria dan Tanah Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengungkapkan sejumlah tantangan dalam pemberantasan mafia tanah. Salah satunya kurang tegasnya keputusan pengadilan.

Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Hukum dan Litigasi, Iing R. Sodikin Arifin menyebutkan, hakim banyak membebaskan para mafia tanah, padahal kejahatan yang dilakukan sudah jelas.

Menurut dia, banyak kejahatan pertanahan yang dikubur oleh putusan hakim yang kontroversial.

“Jadi kita sebagai penegak hukum sudah menuntut sampai P21, tetapi hakim itu banyak membebaskan, padahal, terang benderang kejahatan yang dilakukannya ini memang tugas berat adanya peradilan pertanahan,” katanya dalam konferensi pers, Jumat (31/12/2021).

Selengkapnya simak di sini

2. Kemenhub Imbau Masyarakat Balik ke Jabodetabek Hari Ini

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat yang pergi ke luar kota untuk mengatur waktu kembali ke Jabodetabek dengan tepat agar kendaraan atau penumpang tak menumpuk di waktu bersamaan.

Saat ini Kemenhub mengantisipasi adanya kepadatan arus lalu lintas, baik di jalan tol maupun non-tol, selama periode Angkutan Natal Tahun 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

"Sebaiknya dianjurkan untuk kembali ke Jabodetabek sesudah tanggal 2 Januari 2022, seperti Senin atau Selasa (3 atau 4 Januari 2022) mendatang,” ujarnya Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam keterangannya, Senin (3/1/2022).

Di sisi lain, ia mengatakan, Kemenhub terus menggelar pos pelayanan sekaligus untuk memantau penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat yang bepergian. Hal ini dilakukan mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Baca selengkapnya di sini

3. Perdagangan Saham Awal 2022, Bakal Adakah January Effect?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang tahun 2021 ditutup menguat 10,72 persen. Hanya saja, pada akhir tahun, IHSG sempat terkoreksi akibat kemunculan varian omicron.

Walau begitu, analis memperkirakan awal tahun 2022 masih akan tetap ada January Effect.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai, walau ada koreksi window dressing tetap ada pada tahun lalu. Sehingga ia memproyeksikan pada Januari saham-saham masih bisa naik.

"Probabilitas 70 persen January Effect tetap ada karena Desember window dressing tetap ada walau kenaikannya tidak 100 persen akibat kemunculan omicron," ujar dia.

Simak selengkapnya di sini

4. Jokowi Revisi Aturan Penyaluran dan Harga Bensin Premium-Pertalite

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merevisi aturan terkait penyaluran dan ketentuan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite.

Aturan baru yang berlaku adalah Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 117 Tahun 2021 Tentang Perubahan Ketiga Atas Perpres Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Perpres Nomor 117 Tahun 2021 diterbitkan pada tanggal 31 Desember 2021.

Terdapat sejumlah ketentuan yang berubah terkait penyaluran dan ketentuan harga bensin Premium.

Beleid tersebut diterbitkan dengan pertimbangan untuk mendukung komitmen nasional dalam penurunan emisi karbon melalui upaya menurunkan emisi gas buang kendaraan bermotor serta mengoptimalkan penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak di seluruh wilayah Indonesia.

Lalu apa isinyanya? Baca di sini

5. Eks Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Direkrut Luhut Gabung Kemenko Marves

Usai melepas jabatan sebagai Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk, Rachmat Kaimuddin ternyata direkrut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk bergabung di jajarannya.

Untuk posisi Rachmat Kaimuddin sendiri di Kemenko Marves, Luhut baru akan mengumumkannya dalam konferensi pers yang berlangsung Senin (3/1/2022) siang ini, secara virtual.

"Selamat pagi, bersama ini kami mengundang saudara/saudari untuk dapat meliput Press Conference bergabungnya Saudara Rachmat Kaimuddin ke Kemenko Marves," isi dari undangan tersebut dikutip Kompas.com.

Simak selengkapnya di sini

https://money.kompas.com/read/2022/01/04/054000826/-populer-money-kementerian-atr-bpn-sebut-mafia-tanah-banyak-dibebaskan-hakim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke