Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Masa Aktif Kartu ATM BCA, Pahami Cara Ganti Kartu ATM BCA Online

Jika kartu ATM BCA sudah tidak aktif, maka penting mengetahui persyaratan ganti kartu ATM BCA, termasuk cara ganti kartu ATM BCA lewat M Banking dan ganti kartu ATM BCA online.

Informasi terkait hal ini memang kerap dicari. Sejumlah pertanyaan kerap mencuat di kalangan pembaca, khususnya nasabah BCA.

Kapan kartu ATM BCA diblokir? Bagaimana cara mengganti kartu ATM BCA? Apa persyaratan ganti kartu ATM BCA? Apakah bisa ganti jenis kartu ATM BCA? Berapa biaya ganti kartu ATM BCA?

Itulah sederet contoh pertanyaan yang sering muncul. Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca memahami cara mengetahui kartu ATM BCA masih aktif atau tidak.

Masa aktif kartu ATM BCA

Dikutip dari laman resmi Bank BCA pada Selasa (4/1/2022), dijelaskan bahwa setiap kartu chip yang diterbitkan oleh BCA memiliki masa berlaku.

Masa berlaku bisa dilihat di bagian depan kartu dan biasanya diawali dengan tulisan valid thru dan kemudian angka yang menunjukan bulan dan tahun (mm/yy).

Itulah cara mengetahui kartu ATM BCA masih aktif atau tidak. Jika angka yang menunjukan bulan dan tahun sudah terlewat, maka masa aktif kartu ATM BCA sudah habis.

Apabila masa berlaku Kartu Debit BCA Chip ini habis, transaksi apapun dengan kartu tersebut tidak bisa dilakukan. Dengan begitu, nasabah perlu ganti kartu ATM BCA online dan memahami biaya ganti kartu ATM BCA.

Pasalnya, jika kartu ATM BCA tak berlaku, tarik tunai dan transfer melalui ATM BCA atau transaksi via EDC BCA menggunakan Kartu Debit BCA Chip pasti ditolak/diblokir.

Cara mengganti kartu ATM BCA

Setelah memahami cara mengetahui kartu ATM BCA masih aktif atau tidak, berikut ini penjelasan mengenai cara ganti kartu ATM BCA.

Ada berbagai cara ganti Kartu Debit BCA Chip yang hampir atau telah kedaluarsa dengan kartu ATM BCA yang baru.

Cara ganti kartu ATM BCA lewat M Banking

Ganti kartu ATM BCA online bisa dilakukan melalui BCA mobile. Cara ganti kartu ATM BCA lewat M Banking adalah sebagai berikut:

  1. Login ke aplikasi BCA mobile
  2. Klik menu "Akun Saya"
  3. Kemudian pilih "Ganti Kartu”
  4. Ikuti langkah selanjutnya

Ganti kartu ATM BCA via Halo BCA

Jika masa aktif kartu ATM BCA hampir atau sudah habis, nasabah bisa juga melakukan pergantian melalui Halo BCA.

Ini merupakan alternatif lain selain dengan ganti kartu ATM BCA online melalui BCA Mobile. Ganti Kartu Debit BCA Chip yang lama dengan yang baru via Halo BCA 1500 888 atau Aplikasi haloBCA.

Ganti kartu ATM BCA di CS Digital

Ganti kartu ATM BCA online juga bisa dilakukan melalui CS Digital BCA. Berikut langkah selengkapnya:

Ganti kartu ATM BCA di Kantor Cabang BCA

Penggantian Kartu Debit BCA Chip lama ke Kartu Debit BCA Chip baru dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang BCA di seluruh Indonesia.

Syarat dan biaya ganti kartu ATM BCA

Persyaratan ganti kartu ATM BCA tidak berbelit. Nasabah hanya perlu mengikuti langkah-langkah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Terlebih, penggantian Kartu Debit BCA Chip ini tidak dikenakan biaya alias gratis, selama dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan sebelum masa berlaku berakhir.

Karena itu, penting melakukan pengecekan masa aktif kartu ATM BCA agar bisa melakukan penggantian tanpa dipungut biaya ganti kartu ATM BCA.

Sementara itu, untuk penggantian Kartu Debit BCA Chip via BCA mobile dan Halo BCA akan dikenakan biaya ongkos kirim.

Setelah dapat kartu baru, jangan lupa untuk update data Kartu Debit BCA yang didaftarkan di berbagai merchant online dengan Kartu Debit BCA Chip baru.

Khususnya untuk merchant-merchant di mana nasabah mendaftarkan Kartu Debit BCA Chip lama untuk transaksi yang bersifat recurring.

Itulah informasi seputar cara mengetahui kartu ATM BCA masih aktif atau tidak yang terkait dengan masa aktif kartu ATM BCA, yang dilengkapi cara ganti kartu ATM BCA lewat M Banking untuk ganti kartu ATM BCA online.

https://money.kompas.com/read/2022/01/04/084712426/cek-masa-aktif-kartu-atm-bca-pahami-cara-ganti-kartu-atm-bca-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke