Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produksi Pupuk Kaltim Lampaui Target di Tahun 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mencatatkan, kinerja produksi pupuk sepanjang 2021 trennya melampaui target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan, meski dihadapkan berbagai tantangan, seperti pandemi Covid-19 dalam sepanjang tahun terakhir, namun perusahaan menunjukkan performa dan kinerja optimal sesuai RKAP.

"Tahun 2021 menjadi tahun terbaik dalam perjalanan 40 tahun pertama pertumbuhan Pupuk Kaltim, yang mampu mencapai kinerja maksimal di atas target RKAP," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (4/1/2022).

Secara rinci, anak usaha dari PT Pupuk Indonesia (Persero) tersebut, hingga 28 Desember 2021, telah memproduksi produksi pupuk jenis Amoniak sebanyak 2,91 juta ton atau mencapai 105 persen dari target 2,78 juta ton.

Sementara itu, produksi Amoniak DDJ mencapai 850.000 ton atau 109 persen dari target sebanyak 777.00 ton. Lalu produksi Urea sebesar 3,53 juta ton atau mencapai 103 persen dari target yang sebanyak 3,41 juta ton.

Hanya saja pada produksi pupuk jenis NPK hanya mencapai 76 persen yaitu sebesar 215.000 dari target sebanyak 281.000 ton di sepanjang tahun lalu.

Rahmad menambahkan, guna memperkokoh dominasi pada industri petrokimia berbasis gas alami, Pupuk Kaltim terus melakukan pengembangan industri kimia berbasis renewable resources. Selain itu, sekaligus memperkuat posisi di sektor agriculture melalui pengembangan agri-input, crop protection dan agri-services.

Sejumlah langkah strategis pun disiapkan untuk mendorong pertumbuhan perseoan. Mulai dari peningkatan kapasitas pabrik dan produksi, peningkatan kinerja ekspor, ekspansi dan diversifikasi usaha, penetrasi pasar domestik dan global, hingga pengembangan portofolio bisnis melalui aksi korporasi lainnya.

“Pupuk Kaltim akan terus fokus pada peningkatan produktivitas dan profitabilitas, dengan berbagai langkah konkret untuk memperbaiki proses bisnis, guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja di setiap proses,” jelas dia.

Rahmad mengatakan, dalam menghadapi tantangan 2022, perseroan melakukan transformasi bisnis dengan menetapkan langkah strategis guna mendukung optimalisasi dan efisiensi kinerja.

Peningkatan produktivitas dan realisasi target akan diselaraskan dengan proyeksi tren masa depan, sehingga perusahaan mampu mengoptimalkan peluang demi keberlangsungan bisnis secara berkesinambungan.

"Hal itu menjadi landasan untuk Pupuk Kaltim mampu mengantisipasi segala tantangan, menangkap peluang dan terus tumbuh di masa depan," pungkas Rahmad.

https://money.kompas.com/read/2022/01/04/154500926/produksi-pupuk-kaltim-lampaui-target-di-tahun-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke