Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masih Ditopang Segmen Mikro, BRI Targetkan Pertumbuhan Kredit 10 Persen pada 2022

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, perseroan memproyeksikan kredit akan tumbuh di kisaran 8 persen hingga 10 persen pada tahun 2022.

Segmen mikro diprediksi masih akan menjadi penggerak utama pertumbuhan kredit bank dengan kode emiten BBRI itu.

"Untuk segmen kecil dan menengah akan difokuskan pada transaction based loan dan segmen korporasi akan dioptimalkan melalui potensi value chain," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (4/1/2021).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Aes itu menjelaskan, pada tahun ini perseroan akan berfokus pada menjaga fundamental, guna menciptakan pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan.

"Dalam penyaluran kredit, BRI menerapkan selective growth dengan memanfaatkan stimulus pemerintah serta melakukan eksplorasi sumber pertumbuhan baru diantaranya optimalisasi sinergi ultra mikro," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menjelaskan, dalam penyaluran kredit, perseroan mengandalkan business process yang optimal dan sistem yang efisien.

Kedua hal itu disebut dapat mendukung upaya perseroan dalam penyaluran kredit di segmen mikro, termasuk Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Efisiensi penyaluran kredit didapatkan BRI melalui digitalisasi, dengan pemanfaatan resources kapabilitas IT dan business model yang sudah teruji saat ini, BRI mampu menjaga bottom line yang solid atau return yang optimal,” tuturnya.

Sebagai informasi, secara konsolidasian, hingga akhir September 2021, penyaluran kredit BRI tercatat mencapai Rp 1.026,42 triliun atau tumbuh 9,74 persen year on year (yoy). 

Penyaluran kredit mikro menjadi penopang utama pertumbuhan itu, dengan realisasi penyaluran mencapai Rp 464,66 triliun, atau tumbuh 41,32 persen yoy.

https://money.kompas.com/read/2022/01/04/155438226/masih-ditopang-segmen-mikro-bri-targetkan-pertumbuhan-kredit-10-persen-pada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke