Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Simak Cara Cek Tagihan PDAM Online

KOMPAS.com - Cek tagihan PDAM setiap bulannya untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM rutin. Cara cek tagihan PDAM bisa dilakukan secara online maupun offline.

PDAM singkatan dari Perusahan Daerah Air Minum termasuk pada perusahaan BUMD yang memberikan jasa pelayanan dan menyelenggarakan kemanfaatan di bidang air minum.

Aktivitas PDAM adalah antara lain mengumpulkan, mengolah, menjernihkan, hingga mendistribusikan air ke masyarakat atau pelanggan. Lalu bagaimana cara cek tagihan PDAM?

PDAM merupakan badan usaha milik daerah (BUMD) sehingga setiap PDAM berbeda pengelolanya. PDAM ini ada di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia.

Oleh karenanya setiap PDAM memiliki cara cek tagihan PDAM online sendiri di websitenya masing-masing.

Kini beberapa PDAM sudah memiliki laman resmi dan aplikasi cek tagihan PDAM sendiri yang dapat memudahkan pelanggan bisa cara cek tagihan PDAM online.

Cara cek tagihan PDAM

Jika ingin melakukan cek tagihan PDAM secara offline, pelanggan PDAM bisa langsung datang ke kantor PDAM di lokasi masing-masing. Sementara jika cara cek tagihan PDAM online bisa dengan ponsel, dan aplikasi cek tagihan PDAM.

Berikut cara cek tagihan PDAM dikutip dari Kompas.com: 

Sebelum melakukan cara cek tagihan PDAM via website, harap pastikan terlebih dulu apakah PDAM di daerah yang dimaksud sudah memiliki laman web resmi atau belum.

Jika PDAM yang dituju memiliki laman resmi, biasanya tempat cara cek tagihan PDAM ada di halaman depan website agar mudah ditemukan pelanggannya.

Pelanggan hanya perlu mengisi nomor pelanggan PDAM miliknya di kolom yang sudah disediakan lalu klik Cek Rekening. Selanjutnya, halaman akan menampilkan jumlah tagihan bulan yang dimaksud.

2. Cara cek tagihan PDAM online via aplikasi cek tagihan PDAM

Perlu diketahui, kebanyakan aplikasi cek tagihan PDAM yang tersedia di Google Play Store bukan aplikasi resmi milik PDAM. Melainkan aplikasi cek tagihan PDAM mitra atau pihak ketiga.

Pelanggan PDAM bisa mencari aplikasi cek tagihan PDAM di Play Store di ponsel Android dengan kata kunci "cek tagihan PDAM" atau "PDAM".

Pilih aplikasi cek tagihan PDAM yang terpercaya dengan rating tertinggi lalu unduh aplikasi cek tagihan PDAM tersebut.

Buka dan masuk ke aplikasi cek tagihan PDAM, masukkan nomor pelanggan, nama pelanggan, bulan, dan tahun tagihan yang dituju. Kemudian isi juga kabupaten atau kota domisili.

Halaman aplikasi cek tagihan PDAM akan menampilkan rincian tagihan air bulan berjalan milik pelanggan.

3. Cara cek tagihan PDAM via ATM

Selain kedua cara cek tagihan PDAM di atas, cek PDAM bisa dilakukan melalui ATM atau mobile banking.

Jika menggunakan ATM BCA, cara cek tagihan PDAM bisa dengan memilih menu Transaksi Lainnya dan pilih menu Lain-lain.

Kemudian masukkan kode PDAM daerah sesuai domisili dan ketika 7 digit terakhir nomor pelanggan.

Sementara cara cek tagihan PDAM jika melalui mobile banking BCA, pilih menu m-Payment dan pilih menu Publik/Utilitas. Pada menu tersebut, pilih Cek PDAM dan masukkan nomor pelanggan dan wilayah domisili.

4. Cara cek tagihan PDAMmelalui aplikasi marketplace

Kini cara cek tagihan PDAM dan pembayaran tagihannya bisa melalui aplikasi di ponsel, seperti Gojek, Grab, Shopee, Tokopedia, dan sebagainya.

Jika melalui Tokopedia, cari layanan tagihan di menu Lihat Semua. Kemduian di menu Tagihan, pilihlah menu Air PDAM. Masukkan area provinsi di menu Pilih Cluster.

Lalu masukkan nama kota atau kabupaten di menu Wilayah dan masukkan nomor pelanggan PDAM. Klik cek tagihan dan halaman akan memunculkan rincian tagihan PDAM.

Selain cara cek tagihan PDAM di atas, pelanggan PDAM juga bisa cek tagihan PDAM online di Indomaret selama tidak ada tunggakan pembayaran. Sebab, jika pembayaran menunggak maka akses pengecekkan tidak bisa digunakan.

Jika demikian, pelanggan bisa melakukan cara cek tagihan PDAM secara offline langsung di kantor PDAM setempat.

https://money.kompas.com/read/2022/01/04/183239926/mudah-simak-cara-cek-tagihan-pdam-online

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke