Salin Artikel

Mulai Terlupakan, Apa Itu Wesel?

KOMPAS.com - Anak milenial mungkin tidak tahu apa itu wesel karena saat ini wesel sudah sangat jarang digunakan. Wesel adalah salah satu cara transfer uang melalui Pos.

Dulu wesel digunakan untuk memudahkan pengiriman uang tapi lambat laun seiring berkembangnya teknologi, wesel sudah mulai dilupakan. Kini pengiriman uang lebih mudah menggunakan fitur transfer bank.

Meski sudah mulai dilupakan, masih ada segelintir orang seperti pebisnis yang masih menggunakan apa itu wesel. Sebab,surat wesel adalah bisa dijadikan solusi untuk mengatasi inflasi.

Wesel adalah pengiriman uang

Wesel berasal dari Bahasa Belanda, yaitu wesel yang memiliki kesamaan arti dalam Bahasa Inggris, yaitu bill of exchange atau rekening pertukaran uang. Wesel dalam Bahasa Prancis berarti lettre de change atau surat perubahan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, wesel adalah surat pos untuk mengirimkan uang. Apa itu wesel juga berarti surat pembayaran yang dapat diuangkan ke bank oleh pemegangnya.

Menurut seorang Ahli, Mahmoeddin, wesel adalah jenis surat berharga atau surat tagihan yang merupakan sebuah perintah tertulis tidak bersyarat yang dikirim oleh penarik atau penandatangan kepada pihak tertarik.

Mengutip buku Akuntansi Keuangan SMK/MAK Kelas XI (2021) oleh Sumiyati dan Yatimatun Nafiah, surat wesel adalah janji tertulis yang tidak bersyarat dari satu pihak ke pihak lain untuk membayar sejumlah uang pada tanggal tertentu di masa yang akan datang.

Fungsi surat wesel adalah untuk pembayaran kredit dan alat mengirim uang. Apa itu wesel ada yang tidak bisa dipindahtangankan dan ada juga yang bisa dipindahtangankan.

Pada wesel yang bisa dipindahtangankan, pembuat wesel harus membayar ke yang memegang wesel tersebut saat jatuh tempo dan bisa didiskontokan ke bank sebelum jatuh tempo.

Adapun dasar hukum wesel adalah diatur dalam Pasal 100 hingga 173 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) yang menjelaskan syarat pembuatan wesel. Namun, pada beleid ini tidak memaparkan dnegan jelas pengertian wesel.

Dalam Pasal 169 KUHD juga mengatur masa kedaluwarsa surat wesel adalah yang pendek, yaitu enam bulan, setahun, hingga 30 tahun tergantung dengan ketentuannya.

Unsur dan ciri-ciri apa itu wesel

Berikut unsur-unsur surat wesel adalah:

  • Surat berharga yang mencantumkan tanggal dan tempat penerbitannya.
  • Perintah yang tidak bersyarat untuk membayar sejumlah uang.
  • Pihak-pihak yang terkait pada wesel adalah penerbit, tersangkut atau tertarik, penerima, pemegang, dan endosen.

Berikut ciri-ciri surat wesel adalah yang membedakannya dari jenis surat berharga lainnya, yaitu:

Syarat penggunaan wesel adalah?

Dalam KUHD di atas juga menjelaskan persyaratan pembuatan surat apa ituwesel. Berikut syarat-syarat yang menunjukkan sebuah surat bisa dianggap sebagai apa itu wesel adalah, yakni:

  • Nama pembayar, betrolene, drawee, atau daya tarik.
  • Tanggal pembayaran.
  • Penentuan di mana lokasi pembayaran akan dilakukan.
  • Terkandung kata atau istilah “Surat Wesel” pada teks serta ditulis menggunakan bahasa yang sama dengan bahasa tulisan dalam surat.
  • Perintah tanpa syarat untuk membayar sejumlah dana tertentu.
  • Nama orang yang ditujukan serta diharuskan untuk melakukan pembayaran, atau pihak lainnya yang dirujuk.
  • Tempat dan tanggal uang kertas diterbitkan atau ditarik, serta tanda tangan dari pihak penerbit.

Jika persyaratan tersebut tidak terpenuhi, maka surat tidak bisa dinyatakan sebagai surat apa itu wesel. Kecuali beberapa kondisi yang masih bisa ditoleransi seperti berikut ini:

Jenis wesel

Dalam ilmu akuntansi, apa itu wesel adalah terbagi menajadi dua jenis, sebagai berikut:

1. Wesel tagih adalah

Wesel tagih adalah tagihan yang akan diterima pada tanggal jatuh tempo yang dinyatakan dalam sebuah surat yang ditandatangani oleh pihak yang berutang.

Wesel tagih adalah sama dengan wesel tagih jangka pendek yang dicatat dan dilaporkan nilai bersih yang dapat direalisasi, yaitu jumlah nominalnya dikurangi semua penyisihan yang diperlukan atau besarnya piutang yang diperkirakan tidak dapat ditagih.

2. Wesel bayar adalah

Wesel bayar adalah surat perintah untuk membayara sejumlah uang kepada seseorang yang tercantum dalam surat tersebut.

Wesel bayar adalah harus dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo yang tertera pada surat. Wesel bayar adalah sama dengan utang.

Sementara menurut aturan KUHD, terdapat enam jenis apa itu wesel yang terbagi pada kebutuhan para pebisnis, yaitu:

1. Wesel penerbit sendiri

Jenis wesel ini menjadikan penerbit wesel sebagai pihak tersangkut.

2. Wesel penghitungan orang ketiga

Jenis wesel ini diterbitkan melalui perintah dari pihak orang ketiga di mana pembayarannya dibebankan pada rekening pihak ketiga tersebut

3. Wesel pengganti penerbit

Jenis wesel ini diterbitkan dengan menjadikan pihak pertama pemegang wesel adalah diri sendiri. Artinya, pemegang pertama wesel dan penerbit wesel adalah orang yang sama.

4. Wesel inkaso

Jenis wesel ini diterbitkan dengan tujuan memberi kuasaterhadap pemegang pertama wesel dalam penagihan uang dari pihak tersangkut. Apa itu wesel ini tidak diperjualbelikan dan dipindahtangankan.

5. Wesel berdomisili

Jenis wesel ini diterbitkan dengan menentukan tempat pembayaran sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan pihak tersangkut. Hal ini supaya proses pembayaran wesel adalah bisa lebih mudah.

6. Wesel berdomisili blangko

Jenis wesel ini diterbitkan berdasarkan ketentuan pembayaran yang dilakukan di tempat lain yang berbeda dari lokasi domisili pihak bersangkutan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu wesel adalah salah satu jenis metode transfer uang yang dulu sempat populer. Jenis wesel teragi dua, yaitu wesel bayar adalah dan wesel tagih adalah.

https://money.kompas.com/read/2022/01/05/055337726/mulai-terlupakan-apa-itu-wesel

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.