Salin Artikel

Mudah, Begini Cara Cek Toko Online Abal-abal

Agar terhindar dari aksi penipuan yang merugikan, masyarakat harus cermat dalam memilih toko daring ketika belanja online.

Lantas, bagaimana cara mengetahui sebuah toko online abal-abal atau tidak?

Cara Cek Online Shop

Mengutip akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), ada beberapa langkah sederhana untuk mengetahui akun olshop abal-abal atau tidak.

1. Cek verifikasi online shop (olshop) yang bisa dilakukan dengan testimoni di kolom komentar.

2. Online Shop abal-abal biasanya menonaktifkan komentar di setiap unggahannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari testimoni negatif dari konsumen yang tertipu. Kemudian, salah satu ciri akun olshop palsu atau abal-abal adalah sering berganti.

3. Masyarakat bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Buka toko online shop dan klik tanda titik tiga di ujung kanan
  • Pilih "About This Account" atau "Tentang Akun Ini"
  • Pilih "Former Usernames" atau "Nama Pengguna Sebelumnya"

Jika akun tersebut telah berganti nama atau username puluhan hingga ratusan kali, dapat dipastikan akun tersebut abal-abal.

Selain itu, masyarakat juga harus mengetahui bagaimana cara aman dan nyaman saat berbelanja online.

Mengutip laman indonesiabaik.id, berikut 7 cara berbelanja online yang aman dan nyaman:

1. Kenali toko online dengan cermat

Gunakan aplikasi resmi yang terpercaya demi keamanan dan kelancaran transaksi online sehingga orang merasa yakin dan percaya saat ingin belanja online. Aplikasi yang digunakan seperti shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, hingga blibli.com.

2. Jangan tergiur dengan harga yang sangat murah

Pelaku penipuan online biasanya selalu memajang suatu barang dengan harga yang sangat murah, bahkan lebih dari 50 persen dari harga aslinya. Hal inilah yang membuat orang langsung tergiur lalu cepat-cepat mentransferkan uangnya ke rekening yang dituju oleh pelaku.

3. Jangan terpaku pada testimoni

Banyak orang mengira kalu testimoni yang diunggah di toko online adalah benar-benar asli dari pembeli. Padahal bisa saja pelaku penipuan online yang membuat testimoni fiktif (memanipulasikan testimoni).

4. Simpan bukti transfer

Setelah melakukan transfer uang terhadap rekening penerima. Jangan lupa untuk menyimpan bukti transfer baik print out dari mesin ATM atau screenshoot dari HP. Sebab jika terjadi sesuatu seperti penipuan online maka bukti transfer bisa menjadi bukti konkret untuk melaporkan penipuan online dari toko fiktif itu.

5. Perhatikan katalog produk

Tidak semua online shop alias olshop menggunakan foto gambar asli produk. Agar lebih menarik, mereka menggunakan model dengan postur tubuh yang indah serta ditambah dengan editan foto dan filter sehingga warna baju menjadi berbeda dengan aslinya. Lebih baik tanyakan real picture produk atau minimal, tanyakanlah berapa persen tingkat kemiripan produk dengan yang asli.

6. Cek rekening penjual

Baru baru ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerbitkan sebuah situs yang di mana membantu Anda terhindar dari penipuan dan modus saat bertransaksi jual beli online. Sebelum melakukan transaksi secara online, periksa ulang rekening penerima tersebut di cekrekening.id.

7. Cek identitas penjual

Memeriksa identitas penjual ini sangat penting untuk dilakukan sebelum mulai berbelanja. Setiap kali berbelanja online, selalu periksa situs web untuk detail kontak untuk memverifikasi apakah itu benar-benar ada. Hal-hal yang perlu disebutkan secara jelas adalah nama perusahaan, alamat, alamat email, formulir kontak, dan nomor telepon. (Editor: Barratut Taqiyyah Rafie | Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: 3 Cara Cek Online Shop Abal-abal atau Tidak, Gampang

https://money.kompas.com/read/2022/01/07/160158826/mudah-begini-cara-cek-toko-online-abal-abal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.