Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Gaji Pramugari Kereta Api?

KOMPAS.com - Syarat menjadi pramugari kereta api atau train attendant hampir sama seperti pramugari pesawat. Lalu berapa gaji pramugari kereta api?

Istilah pramugara dan pramugari kereta api disebut prama dan prami. Tugasnya adalah melayani kebutuhan penumpang kereta api jarak jauh selama perjalanan, seperti hanya pramugari pesawat.

Selain itu, pramugari kereta api juga membantu penumpang untuk memberikan petunjuk letak gerbong saat masih berada di peron stasiun. Apakah gaji pramugari kereta api sama dengan gaji pramugari pesawat?

Perekrutan pramugari dan pramugara kereta api tidak langsung dilakukan PT Kereta Api Indonesia, melainkan oleh anak usaha KAI, yaitu PT Reska Multi Usaha.

Namun tidak mengurangi kualitas pramugari kereta api. Sebab, PT Reska Multi Usaha tetap berupaya mewujudkan transportasi kereta api yang nyaman dan mengedepankan pelayanan kepada penumpang.

Biasanya dalam tiap rangkaian kereta api jarak jauh akan dilayani oleh dua pramugari dan dua pramugara yang bertugas memenuhi kebutuhan makan dan minum, penanganan penumpang sakit, memberikan bantal dan selimut, serta menjawab pertanyaan penumpang kereta

Sebelum beralih ke gaji pramugari kereta api yang sama dengan gaji pramugara kereta api, simak persyaratan menjadi pramugari kereta api berikut.

Persyaratan dan alur pendaftaran prama dan prami KAI

Menjadi prama dan pramu kereta api harus cekatan saat menghadapi penumpang yang sakit, masalah mendadak, atau kondisi darurat selama perjalanan. Oleh karenanya, dibutuhkan persyaratan tertentu untuk menjadi seorang pramugari kereta api.

Tugas berat ini sesuai dengan nominal gaji pramugari kereta api dan pramugara kereta api.

Mengutip wartakota.tribunnews.com, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi seseorang untuk bisa menjadi pramugari dan pramugara kereta api, yaitu:

  • Bagi calon pelamar laki-laki tinggi minimal 170 centimeter (cm) dan perempuan minimal 160 cm
  • Diutamakan SMA, SMK, atau sederajat.
  • Nilai ujian nasional rata rata 6.00.
  • Jujur, keras, dan siap detempatkan di wilayah kerja KAI yaitu di Jawa dan Sumatera.
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dan target.

Melihat persyaratan tersebut membuat semakin penasaran dengan nominal gaji pramugari kereta api.Tapi ada beberapa persyaratan dokumen yang harus disiapkan saat akan melamar posisi ini, yaitu:

Adapun alur pendaftaran seleksi prama dan pramu kereta api yang biasanya dilakukan PT Reska Multi Usaha sebagai berikut:

  • Pendaftaran administrasi melalui web
  • Verifikasi berkas dan Perfomance Test
  • Seleksi Wawancara

Perlu dicatat, dengan memberikan gaji pramugari kereta api yang cukup besar, selama proses seleksi PT KAI maupun PT Reska Multi Usaha tidak pernah membebankan biaya sepeserpun kepada pelamar kerja.

Supaya tidak menjadi korban penipuan, harap rutin mengecek lowongan kerja di laman resmi PT Reska Multi Usaha atau PT KAI. Pasalnya, banyak penipuan lowongan kerja yang mengatasnamakan perusahaan besar seperti PT KAI.

Gaji pramugari kereta api

Sebelum bertugas langsung di kereta, prama dan pramu kereta api harus mengikuti pendidikan ala militer yang dilakukan di Rindam Jaya untuk membentuk kedisiplinan, fisik, dan mental.

Sistem kerja pramugari kereta api hampir sama dengan pramugari pesawat, yaitu menggunakan sistem shifting atau bergantian jaga. Sebab, keduanya bertugas untuk perjalanan jarak jauh.

Kendati demikian, gaji pramugari kereta api dan pramugari pesawat terpaut cukup jauh.

Mengutip wartakota.tribunnews.com, pada 2019 pokok gaji pramugari kereta api dan gaji pramugara kereta api sekitar Rp 4 juta per bulan dan tunjangannya Rp 3 juta.

Dengan demikian total pendapatan gaji pramugari kereta api dan pramugara kereta api sekitar Rp 7 juta. Namun, itu adalah data tahun 2019 sehingga saat ini gaji pramugari kereta api pasti lebih dari Rp 7 juta.

Sementara mengutip buku Sukses Menjadi Pramugari oleh Pepen Pendi, gaji pramugari pesawat di Indonesia rata-rata sekitar Rp 15 juta hingga Rp 30 juta. Sangat terpaut jauh dari gaji pramugari kereta api.

Perbedaan aji pramugari kereta api atau pramugara kereta api dan pramugari pesawat masih terbilang wajar mengingat risiko pekerjaan pramugari pesawat lebih besar dari risiko pramugari kereta api, meskipun tugas keduanya sama.

https://money.kompas.com/read/2022/01/08/225302226/berapa-gaji-pramugari-kereta-api

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke