Salin Artikel

5 Cara Cek Pajak Kendaraan DKI Jakarta dengan Mudah dan Praktis

JAKARTA, KOMPAS.com – Perkembangan teknologi membuat banyak hal menjadi lebih mudah. Banyak aktivitas masyarakat, termasuk cek pajak kendaraan kini bisa dilakukan dari rumah. Pasalnya ada fitur cek kendaraan online yang bisa menjadi pilihan praktis.

Cek pajak kendaraan motor ataupun mobil memang bisa dilihat dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Namun terkadang, jumlah biaya yang harus dibayar setiap tahunnya bisa saja berbeda.

Nah untuk mengetahui besaran tarif pajak yang harus dibayarkan, Anda dapat melakukan cek pajak kendaraan online cukup dari ponsel. Cek pajak kendaraan online ini berlaku untuk cek pajak motor maupun cek pajak mobil.

Selain lewat website resmi, beberapa daerah juga sudah menyediakan aplikasi cek pajak kendaraan yang bisa diunduh di telepon pintar. Salah satu daerah yang sudah menerapkan cek pajak kendaraan online adalah DKI Jakarta.

Bagi warga DKI Jakarta, cek pajak kendaraan online dapat dilakukan dengan berbagai metode. Mulai dari cek pajak kendaraan online lewat website, aplikasi hingga SMS.

Tidak hanya cek pajak kendaraan online, cara bayar pajak motor atau mobil pun kini bisa secara daring. Sehingga pemilik kendaraan tidak perlu lagi harus mengantre di kantor Samsat.

Lalu bagaimana cara cek pajak kendaraan online di Jakarta?

Cek pajak kendaraan online Jakarta

Untuk melakukan cek pajak kendaraan online, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut. Nantinya, informasi mengenai status pajak yang perlu dibayar akan muncul pada layar smartphone atau PC.

Berikut beberapa cara cek pajak kendaraan online yang bisa Anda pilih untuk wilayah DKI Jakarta:

1. Cek pajak kendaraan online lewat website e-samsat.id

Cara pertama untuk cek pajak kendaraan online di DKI Jakarta adalah sebagai berikut:

  • Buka link http://samsat-pkb.jakarta.go.id
  • Isi formulir yang berada pada halaman tersebut (Nomor Polisi, Warna TNKB)
  • Masukan NIK pemilik kendaraan (opsional)
  • Klik “I’m not a robot” atau "Saya bukan robot" di bagian bawahnya
  • Lalu klik “Cari”
  • Kemudian akan muncul info dan besaran nominal yang harus Anda bayar.
  • Halaman ini akan menyajikan info kendaraan seperti; Merk, model, tahun, warna, No. rangka dan No. mesin. Info pajak kendaraan dan PNBP dengan rincian; PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB dan total yang harus dibayarkan dilengkapi dengan tanggal pajak dan tanggal STNK serta keterangan lainnya.

3. Cek pajak kendaraan online lewat aplikasi JAKI

Selain itu, cek pajak kendaraan online di DKI Jakarta juga dapat dilakukan melalui aplikasi JAKI. Berikut langkah-langkahnya:

4. Cek pajak kendaraan online lewat aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta

Selanjutnya, cek pajak kendaraan online juga dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta.
  • Buka aplikasi tersebut dan login dengan akun email Google.
  • Masukkan nomor polisi kendaraan Anda
  • Klik “Cari”
  • Aplikasi akan menampilkan informasi detail tentang kendaraan, riwayat PKB pokok terakhir, dan rincian pajaknya.

5. Cek pajak kendaraan online lewat SMS

Selain melalui website dan aplikasi, cara cek pajak kendaraan dan mendapatkan kode bayar juga dapat dilakukan melalui SMS.

Cek pajak kendaraan melalui SMS Gateway untuk saat ini hanya bisa dilakukan untuk kendaraan dengan kode plat B, D, E, F, T dan Z. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kirim pesan dengan format info (spasi) kode plat kendaraan /nomor polisi/kode seri plat kendaraan (spasi) warna plat kendaraan.
  • Contoh: Info B/6777/XF Hitam
  • Kirim ke nomor 0811 2119 211
  • Tunggu balasan SMS yang isinya merupakan kode bayar, info kendaraan serta besaran nominal yang harus dibayar.

Anda dapat membayar pajak kendaraan melalui transfer rekening dengan memasukan kode bayar tersebut.

Setelah pembayaran dilakukan anda akan kembali mendapatkan SMS balasan yang berisi konfirmasi bahwa pajak kendaraan anda sudah dibayar.

Terakhir, jika Anda melakukan membayaran pajak via transfer artinya Anda harus tetap mendatangi kantor Samsat untuk mendapat pengesahan dan menukar struk dengan SKKP.

Sedangkan untuk mengetahui cara bayar pajak kendaraan online lainnya, Anda dapat melihat dalam tautan berikut ini.

Itulah informasi seputar cara cek pajak kendaraan online untuk wilayah DKI Jakarta. Bisa dikatakan, cara cek pajak kendaraan online sangat mudah dan praktis. Anda bisa melakukannya dimana pun, termasuk di rumah.

https://money.kompas.com/read/2022/01/09/061558326/5-cara-cek-pajak-kendaraan-dki-jakarta-dengan-mudah-dan-praktis

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.