Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Manfaat Minyak Bumi bagi Kehidupan Manusia, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com – Minyak bumi adalah istilah yang sering kita dengar. Secara umum, minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Lantas apa saja manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia?

Manfaat minyak bumi sebenarnya ada banyak. Beberapa produk yang sering digunakan masyarakat berasal dari olahan minyak bumi. Salah satunya adalah bahan bakar kendaraan bermotor.

Selain bahan bakar, masih ada beberapa manfaat minyak bumi lainnya yang jarang disadari. Misalnya untuk keperluan medis dan pembuatan produk-produk farmasi.

Meski manfaat minyak bumi begitu besar bagi kehidupan manusia, namun harus bijak dalam penggunaannya. Pasalnya, minyak bumi adalah sumber daya mineral yang tidak dapat diperbaharui.

Pengertian minyak bumi

Dilansir dari Investopedia, minyak bumi adalah sumber daya alam yang terbentuk secara alami yang terdiri dari endapan hidrokarbon dan bahan organik lainnya.

Minyak bumi dapat menghasilkan minyak mentah yang disuling untuk menghasilkan produk seperti bensin, solar, dan berbagai bentuk petrokimia lainnya.

Sementara dikutip dari Gramedia, minyak bumi adalah sumber daya alam yang terletak di dalam bumi dan terbentuk melalui proses pengendapan fosil selama jutaan tahun.

Minyak bumi adalah campuran kompleks senyawa organik seperti unsur-unsur karbon, hidrogen, oksigen, sulfur, halogenida, dan logam. Kandungan terbesar dalam minyak bumi yaitu hidrokarbon dan non hidrokarbon sebesar 50-98 persen.

Minyak bumi berasal dari berbagai macam sisa-sisa organisme laut, seperti tumbuhan dan hewan mengendap di dasar laut. Butuh waktu yang sangat lama untuk proses pembentukan minyak bumi.

Beberapa organisme yang dimaksud ialah berbagai alga dan plankton yang terkubur di dalam tanah. Proses ekstraksi minyak bumi membutuhkan tahapan yang panjang dan rumit sehingga penggalian tidak bisa dilakukan sembarangan.

Penggalian minyak bumi dengan tahapan yang panjang dan rumit membutuhkan alat berat. Jika sudah berhasil diambil, maka tahapan selanjutnya ialah proses pengolahan yang menghasilkan berbagai bentuk bahan bakar berbeda.

Fosil dari hewan dan tumbuhan yang telah menjadi minyak bumi ternyata berada di lokasi yang berbeda, sehingga tidak semua negara di dunia dapat menghasilkan minyak bumi.

Manfaat minyak bumi adalah sebagai salah satu sumber daya penting. Mulai dari bahan baku industri, bahan bakar kendaraan, bahan pembuat perabotan rumah tangga, hingga sebagai bahan produk kecantikan dan kesehatan.

Proses pembentukan minyak bumi

Berikut ini adalah proses pembentukan minyak bumi:

Minyak bumi berasal dari fosil hewan dan tumbuhan yang terkubur selama jutaan tahun lalu.
Lempeng bumi bergerak dan membawa fosil hewan dan tumbuhan ke dalam lapisan kerak bumi.

Fosil tersebut kemudian terkena panas bumi dan gas alam di dalam kerak bumi.
Proses tersebut mengakibatkan fosil berubah warna menjadi hitam yang disebut minyak bumi.

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia

Dikutip dari Gramedia, manfaat minyak bumi yang telah menjadi konsumsi masyarakat seluruh dunia mampu memengaruhi tingkat ekonomi secara langsung. Berikut adalah beberapa manfaat minyak bumi:

1. Bahan Bakar Kendaraan

Pertama, manfaat minyak bumi adalah sebagai bahan bakar yang digunakan untuk kendaraan transportasi. Bahan bakar yang berasal dari minyak bumi seperti solar, bensin, bensol, dan minyak tanah telah melewati proses penyulingan agar menjadi komponen yang lebih ringan.

2. Konstruksi

Selain bahan bakar, manfaat minyak bumi adalah berguna untuk pembuatan produk konstruksi. Minyak bumi memiliki senyawa yang dapat digunakan untuk memproduksi alat konstruksi seperti pembuatan atap, cat, pipa, aspal, dan lain sebagainya.

3. Sumber gas cair

Minyak bumi dapat menghasilkan produk dalam bentuk gas cair seperti tabung gas yang diperlukan untuk memasak. Gas alam yang berasal dari minyak bumi telah mengalami pengolahan hingga menjadi bentuk gas cair dalam tabung LPG.

4. Produksi bahan serat

Manfaat minyak bumi pada pembuatan bahan serat juga tidak kalah penting. Produk seperti rayon, polyester, nilon, dan bahan tekstil sintetis merupakan beberapa jenis bahan serat yang menggunakan komponen minyak bumi. Produksi bahan serat ini dapat digunakan untuk pembuatan pakaian.

5. Perlengkapan rumah tangga

Manfaat minyak bumi dalam pembuatan perlengkapan rumah tangga jarang disadari. Minyak bumi kerap digunakan sebagai sumber panas untuk mengolah aluminium, baja, maupun besi.
Selain itu, alat memasak sebagai perabotan rumah diketahui menggunakan minyak bumi sebagai salah satu bahan pembuatnya.

Beberapa perlengkapan rumah tangga, seperti kunci pintu, kunci jendela, panel pintu, kulkas, dan kursi melibatkan minyak bumi dalam proses produksinya. Jadi, manfaat minyak bumi hadir di dalam kehidupan sehari-hari.

6. Bahan campuran keperluan medis

Manfaat minyak bumi selanjutnya adalah untuk keperluan medis. Minyak bumi kerap dipakai sebagai bahan pembuatan produk pembersih, obat-obatan, alat pelindung, dan alat keamanan tenaga medis.

Benda-benda medis memanfaatkan minyak bumi pada proses produksinya. Seperti alat suntik yang sesuai spesifikasi dan aspirin sebagai salah satu produksi obat-obatan yang mengandung komponen hidrokarbon minyak bumi.

7. Pembangkit listrik

Manfaat minyak bumi berperan sebagai sumber pembangkit listrik. Minyak bumi sebagai pembangkit listrik ini dihasilkan oleh tenaga uap yang membantu proses penggerakan turbin.

Kumparan magnet menerima gerakan turbin dan menghasilkan listrik. Pemanfaatan minyak bumi juga berguna untuk menggerakkan perangkat elektronik bertenaga listrik.

8. Produk kecantikan

Minyak bumi ternyata bermanfaat untuk pembuatan beberapa produk kecantikan, seperti parfum, cat kuku, make up, dan pewarna rambut. Selain itu, minyak bumi juga digunakan sebagai bahan untuk membuat beberapa produk, mulai dari sabun mandi, sikat gigi, dan sampo.

9. Membuat peralatan elektronik

Pemanfaatan minyak bumi di bidang elektronik juga tak kalah penting. Beberapa peralatan elektronik seperti televisi, ponsel, komputer memerlukan minyak bumi dalam proses pembuatannya.

10. Pertanian

Manfaat minyak bumi di bidang pertanian di antaranya untuk pembuatan pupuk, pestisida, dan insektisida. Semua produk tersebut dibuat menggunakan campuran minyak bumi. Produk-produk ini berperan penting untuk kegiatan pertanian agar produk makanan yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Nah, itulah deretan manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia. Sebagai sumber daya mineral yang tidak dapat diperbaharui, manusia tentu harus bijak dalam menggunakan minyak bumi. 

https://money.kompas.com/read/2022/01/10/113000226/10-manfaat-minyak-bumi-bagi-kehidupan-manusia-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke