Salin Artikel

Kasus Omicron Meningkat, Luhut: Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang Kembali Banyak Bawa Masalah

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Koordinator Penanganan PPKM wilayah Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kasus aktif virus Covid-19 varian Omicron di Indonesia mengalami peningkatan.

Penyebab meningkatnya kasus tersebut tak lain dari para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang berlangsung pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Sebanyak 393 kasus aktif terjadi di Jakarta.

"Kasus konfirmasi PPLN inilah yang mendominasi proporsi kasus harian di Indonesia hingga menyebabkan kenaikan kasus aktif dan perawatan pasien di Jawa, Bali. Pada 9 Januari lalu, misalnya di Jakarta, dari 393 kasus yang terjadi, hampir 300 disebabkan oleh para pelaku perjalanan dari luar negeri," ucap Luhut melalui keterangan pers mengenai Evaluasi PPKM secara virtual, Senin (10/1/2022).

Padahal, pemerintah kerap kali mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri selama periode Nataru tersebut. Nyatanya, imbauan pemerintah tak diindahkan.

"Jadi sekali lagi kami mohon teman-teman sekalian untuk menahan diri dulu perjalanan ke luar negeri, kecuali sangat-sangat penting. Kemarin para pelaku perjalanan ini buktinya telah kembali banyak membawa masalah mengenai Omicron ini," lanjut Luhut.

Pemerintah tetap mengambil langkah pengetatan pintu masuk dari berbagai jalur, baik moda udara, laut, dan darat yang akan terus dipertahankan untuk mencegah masuknya varian Omicron yang akan menyebar luas di masyarakat.

Lebih lanjut Luhut mengungkapkan, terdapat satu kasus kematian akibat virus varian Omicron di awal tahun ini. Kendati demikian, di daerah lain, kasus virus varian Omicron masih dalam kondisi terjaga pencegahannya.

"Meski kasus terus meningkat, jumlah kematian di Jawa dan Bali sangat terjaga dengan baik. Hanya satu kematian selama bulan Januari ini ditemukan di Jakarta. Selain itu kasus konfirmasi di provinsi lainnya masih relatif terjaga dengan baik. Meski terjadi kenaikan di Bali, Banten, dan Yogyakarta.," ucap eks Kepala Staf Presiden ini.

https://money.kompas.com/read/2022/01/10/171500026/kasus-omicron-meningkat-luhut--pelaku-perjalanan-luar-negeri-yang-kembali

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.