Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Pidato The Fed, Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp 14.304 Per Dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah spot koreksi pada perdagangan hari ini, Selasa (11/1/2022). Rupiah spot ditutup melemah tipis 0,03 persen ke level Rp 14.304 per Dollar Amerika Serikat (AS).

Berbeda nasib, rupiah di referensi Jisdor Bank Indonesia (BI) justru menguat. Mata uang Garuda ini ditutup di level Rp 14.299 per dolar AS atau menguat 0,17 persen jika dibandingkan hari sebelumnya.

Analis Monex Investindo Futures Andian Wijaya mengungkapkan, pelemahan rupiah di pasar spot imbas dari pergerakan DolLar AS yang cenderung menguat.

Hal ini disebabkan spekulasi para pelaku pasar jelang pidato Gubernur Federal Reserve.

“Pidato Jerome Powell ini juga akan menjadi sentimen untuk perdagangan rupiah besok (12/1/2022). Jika Powell memberikan pernyataan yang bernada hawkish, maka rupiah dapat kembali melanjutkan pelemahan,” kata Andian ketika dihubungi Kontan.co.id, Selasa.

Selain itu, Andian juga meyakini data Consumer Price Index AS akan turut menjadi sentimen yang menentukan pergerakan rupiah. Jika data tersebut sesuai ekspektasi pasar atau malah lebih tinggi, maka akan bisa jadi sentimen negatif untuk rupiah, serta sebaliknya.

Adapun, dia memperkirakan pada perdagangan besok rupiah akan diperdagangkan dalam rentang Rp 14.275 - Rp 14.380 per Dollar AS. (Hikma Dirgantara)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Jelang Pidato The Fed, Rupiah Ditutup Melemah Ke Rp 14.304 Per Dolar AS Hari Ini

https://money.kompas.com/read/2022/01/11/170500326/jelang-pidato-the-fed-rupiah-hari-ini-ditutup-melemah-ke-rp-14.304-per-dollar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke