Salin Artikel

Harga Gula dan Minyak Goreng Naik, Mendag Lutfi: Sakit Kepala Ini Semuanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini harga beberapa komoditas pangan sedang mengalami kenaikan. Mulai dari cabai rawit hingga minyak goreng.

Kenaikan harga tersebut pun membuat Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi beserta jajarannya sakit kepala.

"Kerjaan lagi banyak banget ini. Satu pak Oke, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, satu lagi Dirjen Perdagangan Luar Negeri. Yang satu lagi ngurus gula, yang satu lagi ngurus minyak goreng. Sakit kepala ini semuanya," ungkap Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di acara peluncuran BUMN Holding Pangan, Rabu (12/1/2022).

Mendag Lutfi mengaku dirinya telah banyak menerima keluhan soal kenaikan sejak akhir 2021 lalu.

"Saya terus terang dapat banyak komplain, terutama di ujung tahun terjadi kenaikan harga," kata Mendag Lutfi.

Diakui Mendag Lutfi, secara normal, sepanjang tahun, bahan pokok akan mengalami kenaikan harga pada dua periode, yaitu saat Lebaran dan akhir tahun.

Namun di tahun 2021, ketika Lebaran diberlakukan PPKM, harga justru menurun.

"Pemberlakuan PPKM di masa Lebaran justru menyebabkan tidak adanya pertumbuhan harga, malah terjadi deflasi," kata Lutfi.

Menurutnya, kondisi itu berdampak pada kesejahteraan petani dan peternak telur Indonesia.

Lutfi memaparkan, ketika harga telur mencapai Rp 32.000 per kilogram, namun harga averagenya sepanjang 2021 tak sampai Rp 24.000. Hal ini pun kata dia, membuat petani dan peternak rugi besar.

Sementara pada saat yang bersamaan, ongkos memelihara ayam dan telur naik luar biasa. Sehingga, dalam sidang kabinet, Lutfi sudah membicarakan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa di tanggal 1 Januari 2022 harga turun.

"Taggal 1 Januari, harganya turun dari Rp 34.000, lalu Rp 30.000 Sekarang berada di angka Rp 24.000 lagi dan kemungkinan akan turun lagi di bawah Rp 24.000. Dan memang masalah telur ini, masalah 2 tahun lalu yang kita hadapi saat ini," ungkap Mendag Lutfi.

https://money.kompas.com/read/2022/01/12/141500626/harga-gula-dan-minyak-goreng-naik-mendag-lutfi-sakit-kepala-ini-semuanya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.