Salin Artikel

Ini 7 BUMN yang Dapat Suntikan Modal Negara pada 2022

Adapun tujuh BUMN yang menerima PMN tahun 2022 meliputi Waskita Karya, PT PII, PT SMF, PT Adhi Karya, PT Hutama Karya, Perum Perumnas, dan PT PLN.

"Transportasi menjadi trigger (pertumbuhan ekonomi), memudahkan logistik, moving people, belanja online, seller-nya di Jakarta besok (paketnya) sudah sampai di Surabaya," kata Tenaga Pengkaji Restrukturisasi, Privatisasi, dan Efektivitas Kekayaan Negara Dipisahkan, Dodok Dwi Handoko dalam Bincang DJKN, Jumat (14/1/2022).

Dodok mengungkapkan, BUMN yang mendapat suntikan modal paling besar adalah Hutama Karya. Jumlah PMN yang diberikan mencapai Rp 23,85 triliun.

Dananya digunakan untuk kelanjutan pembangunan 8 ruas Tol Trans Sumatera (JTTS), seperti Pekanbaru-Dumai, Binjai-Langsa, Indralaya-Muara Enim, Kisaran-Indrapura, Kuala Tanjung-Parapat, Penanjung-Bengkulu, Sigli-Banda Aceh, hingga Pangkalan-Pekanbaru.

Sementara itu, PLN mendapat PMN sebesar Rp 5 triliun. Dananya untuk pembangunan proyek ketenagalistrikan seperti transmisi, gardu induk, dan distribusi listrik tenaga desa, serta mendukung pengembangan 5 destinasi wisata super prioritas.

"PLN (seperti) punya kartu member (karena) tiap tahun dapat (PMN). Digunakan untuk listrik pedesaan dengan prioritas tertentu sesuai dengan pertumbuhan, ada demand naik tentu tidak hanya generating-nya tapi untuk distribusi," beber Dodok.

Berikut ini 7 BUMN yang dapat suntikan modal dari pemerintah.

1. Hutama Karya (PMN Rp 23,85 triliun)

Untuk kelanjutan pembangunan 8 ruas Tol Trans Sumatera (JTTS), seperti Pekanbaru - Dumai, Binjai - Langsa, Indralaya - Muara Enim, Kisaran - Indrapura, Kuala Tanjung - Parapat, Penanjung - Bengkulu, Sigli - Banda Aceh, hingga Pangkalan - Pekanbaru.

Lalu, untuk outcome JTTS bagi masyarakat berupa penurunan waktu tempuh dan biaya logistik.

2. PT PLN (PMN Rp 5 triliun)

Untuk pembangunan proyek ketenagalistrikan seperti transmisi, gardu induk, dan distribusi listrik tenaga desa, serta mendukung pengembangan 5 destinasi wisata super prioritas.

3. Waskita Karya (PMN Rp 3 triliun)

Untuk penyelesaian ruas tol Kayu Agung - Palembang - Betung dan Bogor - Ciawi - Sukabumi.

4. PT SMF (PMN Rp 2 triliun)

Untuk dukungan pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan target 200.000 unit.

5. Adhi Karya (PMN Rp 1,97 triliun)

Untuk investasi pada jalan tol Solo - Yogya - Kulonprogo, Yogyakarta - Bawen dan SPAM Regional Karian - Serpong.

6. Perum Perumnas (PMN Rp 1,56 triliun)

Untuk peningkatan kapasitas usaha dalam melanjutkan program pemerintah pengadaan "satu juta rumah" serta mendukung persediaan perumahan rakyat untuk MBR.

7. PT PII (PMN Rp 1,08 triliun)

Untuk dukungan penjaminan proyek infrastruktur dengan tambahan eksposur penjaminan sebesar Rp 10,85 miliar.

https://money.kompas.com/read/2022/01/14/180000826/ini-7-bumn-yang-dapat-suntikan-modal-negara-pada-2022

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.