Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Strategi InJourney Kembangkan Labuan Bajo, TMII, dan Sarinah

Injourney pun sudah memiliki sejumlah agenda yang akan dikerjakan pada tahun ini, di antaranya mengembangkan sejumlah destinasi wisata dan memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah di sektor pariwisata.

Direktur Marketing InJourney Maya Watono mengatakan, pihaknya akan melakukan pengembangan di destinasi wisata Labuan Bajo, mulai dari konservasi komodo hingga dermaga kapal. Ia bilang, rencana besar yang telah disiapkan bersama dengan pemerintah daerah setempat.

"Memang ada grand plan, kita akan mengubah layout dari labuan bajo, dermaga, dan segala macamnya akan kita kembangkan supaya membangun ekonomi pariwisata di Labuan Bajo," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (14/1/2022).

Selain itu, pengembangan juga akan dilakukan pada destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Maya bilang, TMII akan direnovasi dan dilakukan relaunching dengan wajah baru pada tahun ini.

"Untuk jelasnya memang ini belum clear, tapi akan kita renovated dan redevelop untuk relaunched tahun ini," imbuhnya.

Kemudian, renovasi Sarinah akan rampung pada tahun ini dan dilakukan softlaunching pada Maret 2022 mendatang. Sarinah akan menjadi wadah bagi UMKM lokal untuk memasarkan produk-produknya atau disebut pula sebagai "window of Indonesia'".

Maya mengatakan, Sarinah ditargetkan bisa ekspansi ke beberapa wilayah di luar Pulau Jawa. Menurutnya, hal ini menjadi upaya BUMN memperkenalkan sekaligus membangkitkan produk-produk UMKM lokal.

"Kalau Sarinah kita memang ada wacana untuk membuat di beberapa tempat lagi di luar Jawa," kata dia.

Adapun dalam melakukan pengembangan dan mengintegrasikan sektor pariwisata di Indonesia, Injourney juga akan menggandeng startup-startup milenial. Ia mengatakan, kolaborasi dengan startup, komunitas, swasta, perusahaan pelat merah lainnya akan dilakukan untuk mengoptimalkan potensi pariwisata Indonesia.

"Startup milenial itu akan kami support, apalagi yang buatan dalam negeri. Kami juga akan banyak melakukan partnerhsip dan kolaborasi dalam mendukung Injourney," pungkas Maya.

Sebagai informasi, induk dari Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung adalah PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero). Sementara anggotanya terdiri dari PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), dan PT Sarinah (Persero).

https://money.kompas.com/read/2022/01/14/230000726/ini-strategi-injourney-kembangkan-labuan-bajo-tmii-dan-sarinah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke