Salin Artikel

Kemenhub Tambah Kapal Perintis di Pelabuhan Wilayah Timur Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menambah pengadaan kapal perintis baru di Pelabuhan Tual, Maluku dan pangkalan kapal perintis di Pelabuhan Babang, Maluku menambah pelabuhan singgah baru, yaitu Pelabuhan Kokas.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Capt Mugen Sartoto mengatakan, pihaknya telah melakukan launching sekaligus serah terima kapal perintis KM Sabuk Nusantara 54 di Pelabuhan Tual.

"Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 54 dengan Pelabuhan Pangkal Tual ini, merupakan kapal milik Ditjen Perhubungan Laut yang dalam pengoperasiannya diamanahkan kepada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual," ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Sabtu (15/1/2022).

Ia menjelaskan, dengan beroperasinya Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 54 ini akan mendukung keberlangsungan konektivitas serta mobilitas orang dan barang wilayah-wilayah terpencil di Tual dan sekitarnya.

KM Sabuk Nusantara 54 merupakan kapal type 750 GT dengan kapasitas 500 penumpang dan 1 ruang muatan umum yang selesai dibangun di Galangan DBN Cirebon pada Desember 2021 lalu.

Adapun rute pelayarannya yakni Tual - Dobo Marlasi -Pomako - Marlasi - Dobo - Tual - Molu - Larat - Saumlaki -Marsela - Kroing - Marsela - Saumlaki - Larat - Molu - Tual.

Mugen mengatakan, Trayek R-83 tersebut, merupakan rute yang diusulkan pemerintah Provinsi Maluku bersama dengan pemerintah Kota Tual dan UPP Kelas II Tual dalam memfasilitasi dan mendukung pergerakan masyarakat.

"Maka dengan beroperasinya kapal perintis ini diharapkan dapat membantu guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Sementara itu, di Pelabuhan Babang, kata Mugen, sudah ada upaya bersama sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan konektivitas wilayah yaitu kapal perintis KM Berguna yang sudah mulai beroperasi melayani masyarakat sejak Rabu, 12 Januari 2022 kemarin.

Adapun trayek kapal perintis tersebut yakni Babang - Koititi - Papaceda - Pasipalele - Pulau Dowora - Gane Dalam -Sekli/Kurunga - GAG - PAM - Sorong - Kokas - Sorong - PAM - GAG - Gane Dalam - Pulau Dowora - Pasipalele -Papaceda - Koititi - Babang.

"KM Berguna melayani trayek pada tahun ini dengan penambahan pelabuhan singgah, di Pelabuhan Kokas," ungkap Mugen.

Sebagai informasi, terdapat dua kapal perintis di Pangkalan Pelabuhan Babang, selain KM Berguna, juga ada KM Borneo Jaya dengan trayek dalam wilayah Maluku Utara, khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan, Moti, dan Gita/Sofifi.

https://money.kompas.com/read/2022/01/15/115200126/kemenhub-tambah-kapal-perintis-di-pelabuhan-wilayah-timur-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.